You are here
Home > Berita > Kodim 1704/Sorong Membantu Menyelesaikan Sengketa Tanah Antar Warga di Distrik Mayamuk Kab.Sorong

Kodim 1704/Sorong Membantu Menyelesaikan Sengketa Tanah Antar Warga di Distrik Mayamuk Kab.Sorong

Komandan Kodim 1704/Sorong Letnan Kolonel Inf Robby Suryadi S.Sos yang diwakili Dandramil 1704-06/Salawati Kapten Inf Andreas Pailo menghadiri sidang dewan adat penyelesaian sengketa tanah antar marga suku Moi bertempat di halaman kantor Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong. Sabtu 29/11.

Kodim 1704/Sorong merupakan satuan teritorial yang memiliki wilayah kerja yang cukup luas yang terdiri dari 5 (Lima) Kabupaten dan 1 (Satu) Kota Madia dengan penduduk yang cukup banyak sehingga sering memicu dan terjadi silang pendapat hingga mengakibatkan timbulnya permasalahan sosial dimasyarakat. Salah satunya adalah permasalahan sengketa hak ulayat atau batas tanah antar warga. Untuk dapat menyelesaikan hal tersebut, dibutuhkan kemampuan komunikasi sosial yang baik oleh aparat teritorial khususnya Anggota Kodim 1704/Sorong hingga dapat bersama-sama dengan aparat atau instansi pemerintah yang lain mampu menyelesaiakan permasalahan secara baik dan benar.

Dandramil 1704-06/Salawati yang mewakili Dandim 1704/Sorong sebagai mediator dalam penyelesaian masalah sengketa tanah tersebut bersama-sama dengan dewan adat Malamoi. Sengketa tanah antara penguasa hak ulayat dari marga Kalawen, Kalawin, Kalawenkalau, Malakabu Kalager yang bermasalah dengan marga Fadan, Maulau, Kokmala, Tebepilik, Malalu Malayamuk, Filislobo. Bersama-sama dengan Kadistrik Mayamuk, wakil Kapolsek Aimas dan unsur Muspika serta instansi terkait, berhasil menyelesaikan permalahan batas hak tanah ulayat antara marga di distrik Mayamuk Kabupaten Sorong dengan keputusan sidang adat yang dimenangkan oleh Marga Fadan dan kawan-kawan.

Baca juga :  Kodim 1705/Paniai Gelar Peringatan Pekan Pancasila di SMAN 1 Nabire

Diharapkan peran Kodim 1704/Sorong dalam melaksanakan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat dapat membangun rasa simpati masyarakat kepada TNI. Sikap teritorial yang handal dapat menghasilkan situasi yang akrab dan kekeluargaan serta menyelesaikan permasalahan yang sudah berlarut-larut dengan baik tanpa menimbulkan konflik antar warga masyarakat sehingga tercipta Sorong Raya yang selalu menjadi daerah yang aman dan Kondusif. Pelaksanaan sidang dewan adat berjalan dengan aman dan tertib semua pihak dapat menerima keputusan dewan adat dengan baik. (Prd/Cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top