You are here
Home > Berita > Lagi, Prajurit TNI Tangkap Warga PNG Yang Membawa Ganja Melintasi Jalan Di Perbatasan

Lagi, Prajurit TNI Tangkap Warga PNG Yang Membawa Ganja Melintasi Jalan Di Perbatasan

Skouw Prajurit Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad kembali berhasil menangkap seorang warga PNG (Maikel Jeri) 35 Tahun yang menyelundupkan Narkoba jenis Ganja dengan membawa ganja tersebut saat melintas lewat jalan tikus di perbatasan RI-PNG.

Hal ini merupakan suatu keberhasilan prajurit satgas pamtas RI-PNG, kejadian penangkapan ini berawal dari laporan salah seorang warga skow berinisial (M), dari hasil laporan warga tersebut Pasi Intel Satgas Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad Lettu Inf. Muhtafin Soleh,S.Pd.I langsung merespon dengan mengerahkan anggota untuk menutup jalan tikus (jalan iIlegal) yang sering digunakan para pelintas batas illegal.

“ Dari laporan warga yang kita dapat langsung kita tindak lanjuti dan akhirnya tepat jam 11.00 Wit, ada seorang yang melintas dengan ciri ciri seperti yang di laporkan warga, saat itu juga orang tersebut langsung kita tangkap dan kita bawa ke Pos Kotis untuk dimintai keterangan,” kata Pasintel

Dari hasil pemeriksaan terbukti MJ membawa ganja kering seberat 1 Kg. Menurut keterangan MJ ganja seberat 1 kg tersebut adalah milik bapaknya Maikel sendiri yang bernama Jeri, ganja tersebut ditanam diladang seluas 20 x 30 m jarak lokasi 3 km dari rumahnya di daerah Vanimo PNG, dan ganja seberat 1Kg tersebut sudah di amankan.

Komandan satgas Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap mengatakan, banyaknya jalan tikus ini yang sering di manfaatkan oleh warga pelintas batas untuk menyelundupkan barang barang haram ini.

“Untuk itu saya perintahkan kepada anggota saya untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan dalam menjaga wilayah perbatasan khususnya jalan jalan tikus ini, sehingga Kejadian seperti ini bisa di awasi terus menerus, agar tidak ada celah sedikitpun untuk barang barang terlarang ini masuk ke wilayah negara kita ” Kata Dansatgas.

Baca juga :  Kodim 1704/Sorong Melaksanakan Corps Raport Kenaikan Pangkat

Sementara Pasi Intel Lettu Inf. Muhtafin Soleh,S.Pd.I mengatakan, setelah pemeriksaan selesai pelaku dengan pengawalan beberapa Anggota Satgas diserahkan ke Pospol perbatasan yang diterima oleh Brigpol Arsyad guna diproses lebih lanjut.

Menurut Pasi Intel “ Dari kedua kalinya penangkapan pembawa ganja diperbatasan dalam rentan waktu singkat ini menunjukkan bahwa pangsa pasar narkoba di wilayah negara kita ini sangat menjanjikan sebab kita ketahui masih banyaknya celah celah untuk memasuknya barang terlarang ini begitu mudah melalui jalan jalan tikus yang ada disepanjang jalur perbatasan, ini harus diadakan pengawasan yang ekstra ketat ” Tegasnya.(Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top