You are here
Home > Tulisan > Rohani > Laksanakan Sholat Sebelum Terlambat

Laksanakan Sholat Sebelum Terlambat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam islam terdapat 5 rukun islam yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan ramadhan, dan naik haji bagi yang mampu. Dalam rukun islam yang kedua kita sebagai umat islam diperintahkan oleh Allah SWT untuk mendirikan sholat, karena sholat merupakan tiang agama. Jikalau tiang agama tidak kuat, maka dalam menjalani kehidupan akan mengalami kehancuran.

Sholat lima waktu merupakan sholat fardhu/yang wajib dikerjakan dalam sehari. Hukum sholat lima waktu yaitu fardhu ain yang wajib dilaksanakan bagi setiap umat muslim yang sudah dewasa, kecuali bagi yang sedang berhalangan tertentu khusus kaum hawa. Sedangkan hukum sholat ada dua yaitu wajib dan sunnah.

Sholat lima waktu itu terdiri dari sholat subuh yang dikerjakan sebanyak dua rakaat sebelum terbitnya fajar, sholat dzuhur empat rakaat dikerjakan pada saat matahari berada di atas kita, sholat ashar empat rakaat dikerjakan sebelum terbenamnya matahari, sholat maghrib tiga rakaat dilaksanakan setelah terbitnya matahari dan sholat isya empat rakaat dikerjakan pada malam hari. Bagi kaum adam khusus pada hari jumat ada perbedaan dari kaum wanita yaitu mendirikan sholat jumat sebagai pengganti dari sholat duhur yang wajib dikerjakan, namun sholat jumat tidak diwajibkan bagi kaum wanita.

Selain sholat wajib, ada juga sholat yang hukumya sunah dalam ajaran islam. Sunnah yaitu suatu perkara atau kegiatan yang apabila dilakukan umat islam akan mendapatkan pahala dan bila tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Ada beberapa sholat sunnah dalam islam yaitu sholat sunnah rawatib, sholat malam/tahajud dan witir, sholat dhuha, sholat tahiyatul masjid, sholat sunnah mutlak sebelum jumat, sholat sunnah setalah jumat, sholat 2 rakaat setelah wudhu, dan sholat antara adzan dan istiqomah.

Mengerjakan sholat lima waktu bukanlah hal yang berat untuk kita kerjakan hanya membutuhkan waktu lebih kurang 5 menit. Jika kita merasa bahwa sholat lima waktu itu menjadi suatu kewajiban bagi kita sebagai umat muslim, maka segeralah mendirikan sholat dengan hati yang ikhlas setelah mendengar suara adzan berkumandang. Kita telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk mendirikan sholat dan Allah SWT sebagai Sang Pencipta telah menjanjikan surga bagi setiap umatnya yang melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Dalam dunia pekerjaan jika kita medapat perintah dari atasan kita dan dijanjikan sesuatu, maka dengan penuh semangat kita akan mengerjakan perintah tersebut. Nah, itu pun sama halnya dengan sholat. Allah SWT memerintahkan kita untuk mendirikan sholat fardhu dan menjanjikan surga buat kita, oleh sebab itu kita harus termotivasi dan juga punya keinginan yang  ikhlas dalam mengerjakan sholat karena surga jaminannya bagi kita.

Baca juga :  Renungan Jum’at

Banyak keuntungan bagi kita jika kita selalu melaksanakan sholat lima waktu tepat waktu, salah satunya yaitu dapat mencegah kita dari segala perbuatan yang munkar. Sebagaimana Allah SWT berfirman bahwa :

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Dengan sering melaksanakan sholat wajib 5 waktu, niscaya hati dan pikiran kita akan terasa tenang, damai serta terhindar dari pikiran yang kotor dan negatif sehingga dapat mencegah kita untuk melakukan hal-hal yang buruk.

Selagi kita masih diberi nikmat sehat oleh Allah SWT, maka dirikanlah sholat sebelum terlambat. Dengan sholat berarti kita telah mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Jika kita meninggalkan sholat sama artinya dengan kita sombong karena tidak mau menyembah dan berdoa serta meminta kepada Allah SWT.

Dirikanlah sholat 5 waktu selagi kita masih diberikan kesempatan untuk mendirikan sholat. Sholat akan memberikan kekuatan tersendiri bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dan merupakan bekal di akhirat. Segala amal perbuatan yang akan ditanya di akhirat nanti adalah bagaimana pelaksanaan sholat anda di dunia?, untuk itu kita harus mempunyai prinsip “sholatlah sebelum kamu di sholatkan”. Kalimat inilah yang akan menggugah kita bersama untuk senantiasa melaksanakan dan mendirikan sholat, karena kalimat inilah yang akan mengingatkan kita kepada kematian. Kerjakanlah sholat seakan-akan kita akan mati besok, karena setiap manusia pasti akan mengalami kematian. Kapan waktunya..? hanya Allah SWT yang tahu rahasia ini. “Wallahu alam”.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top