You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Lomba Ton Tangkas

Lomba Ton Tangkas

Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) adalah lomba tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AD untuk dijadikan sebagai sebuah tolak ukur pembinaan fisik setiap prajurit dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi prajurit TNI.

Untuk kontingen yang menjadi peserta dalam lomba diambilkan dari satuan perwakilan masing-masing kodam secara acak. Lomba ini adalah lomba khusus tentara (Angkatan Darat) tingkat Nasional pertahanan di Indonesia. Lomba ini merupakan lomba yang bergengsi dikalangan TNI-AD karena membawa nama satuan dan Kodam masing-masing.

Taktik dan strategi pun harus digunakan dalam menghadapi berbagai macam kegiatan yang ada dalam lomba meliputi rayapan tali, jaring pendaratan, adu lempar pisau dan kapak, lomba menembak, renang militer (berenang pake seragam perang lengkap dengan senjata), lintas medan (mendaki gunung, lewati lembah), lomba lari 3,2 km atau bisa disebut dengan semapta, sampai lomba bela diri militer Yong Moo Do.

Baca juga :  Jenderal Nasution, Sang Ahli Strategi Perang Gerilya Kelas Dunia

Bagi para pemenang nantinya akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan serta sejumlah uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi sebagai prajurit yang tangkas dan trengginas dalam mendukung kesiapan satuan dalam rangka keberhasilan tugas pokok TNI AD. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top