You are here
Home > Pengetahuan > Manfaat Air Putih

Manfaat Air Putih

Setiap mahluk hidup yang ada di dunia sudah tentu akan membutuhkan asupan agar mereka dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari, manusia sangat membutuhkan tenaga untuk dapat beraktifitas, terutama bagi manusia yang gemar melakukan olahraga. Kegiatan tersebut akan banyak mengeluarkan ion yang berada dalam tubuh kita akan semakin berkurang. Untuk itu agar tubuh kita selalu terjaga, kita harus mampu mengembalikan ion tubuh yang hilang, disinilah air berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh manusia membutuhkan air setiap harinya 8 gelas (@ 2 lt). Ion tubuh akan hilang bukan karena banyak berolahraga namun bagi para pekerja yang bertugas sebagai operator komputer atau bagi mereka yang biasa melaksanakan aktifitas sambil duduk dapat juga kehilangan beberapa ion.

Menurut F Batmanghelidj MD dalam bukunya “Air untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit “tubuh manusia terdiri atas 75% air dan 25% bahan padat. Bukan hanya sekedar air atau cairan minuman, tapi air putih matang.
F. Batmangelidj juga mengatakan bahwa teh, kopi, alkohol, dan minuman pabrik tak dapat menggantikan kebutuhan tubuh kita akan air murni, terutama ketika tubuh sedang tertekan dan stress. Minuman-minuman ini memang sudah mengandung air, tapi sebagian besar juga mengandung bahan-bahan yang membuat tubuh kekurangan air, seperti kafein.

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa air mempunyai peranan penting bagi tubuh manusia yaitu :

  1. Tanpa air manusia tidak ada dapat hidup, air merupakan bahan perekat dalam desain arsitektural sel, air dapat mencegah kerusakan DNA dan membuat mekanisme perbaikannya yang lebih efisien, karena lebih sedikit DNA abnormal yang tercetak.
  2. Air adalah pelarut utama bagi semua makanan, vitamin dan mineral. Air digunakan dalam mekanisme pemecahan makanan menjadi partikel kecil dan akhirnya pada metabolisme dan asimilasi makanan.
  3. Air juga meningkatkan kecepatan penyerapan tubuh terhadap bahan-bahan esensial dalam makanan, termasuk berfungsi untuk mengangkut semua bahan di dalam tubuh.
  4. Air turut membersihkan racun dari dalam tubuh dan membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.

Selain peranan di atas, Air juga berfungsi sebagai :

  1. Pelumas utama ruang sendi dan membantu mencegah arthritis dan nyeri pungggung, pencahar yang melumas dan mencegah sembelit, dan esensial bagi system pendinginan tubuh (keringat) dan pemanasan tubuh (elektris).
  2. Memberi daya dan energi listrik untuk semua fungsi otak, terutama fungsi pemikiran, dapat membantu mencegah gangguan kekurangan perhatian pada anak-anak dan dewasa.
  3. Meningkatkan tenggang perhatian kita dan lebih cepat menyegarkan tubuh dibandingkan cairan lainnya.
  4. Membantu mengurangi stres, rasa cemas dan depresi, mengembalikan irama tidur yang normal.
  5. Membantu mengurangi keletihan, memberi energy kemudaaan dengan membuat kulit lebih halus dan membantu mengurangi efek penuaan.
  6. Membuat mata bercahaya dan bergairah.
  7. Mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah ketika ia beredar keseluruh tubuh.
  8. Mengurangi nyeri pra menstruasi dan sembur panas, dehidrasi dan menghalangi produksi hormon seks salah satu penyebab utama impotensi dan kehilangan libido.
Baca juga :  Saya Indonesia Saya Pancasila

Disamping itu air juga dapat menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi air setiap pagi sesudah bangun tidur dan belum mengkonsumsi makanan lain. Minum air putih tepat pada waktunya akan kehilangan berat tubuh tanpa harus terlalu berdiet. Dehidrasi menyebabkan timbunan endapan racun di ruang-ruang jaringan, sendi, ginjal, hati, otak, dan kulit. Air juga dapat membantu mengurangi mual di pagi hari akibat kehamilan. Ketika terjadi dehidrasi karena orang tidak cukup minum air, sel-sel menjadi kekurangan energy. Kemudian, sel-sel ini menjadi lebih menggantungkan pembentukan energinya dari makanan yang di konsumsi, dan bukan dari air. Tubuh dipaksa menyimpan lemak dan menggunakan cadangan protein serta karbohidratnya karena lebih mudah dipecah daripada cadangan lemak. Inilah sebabnya 37% orang Amerika mengalami kegemukan. Tubuh mereka terlibat dalam pengelolaan krisis dehidrasi. Jadi, pastikan tubuh anda mendapatkan asupan air yang cukup sehari-harinya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, minumlah air putih setiap harinya 8 gelas air minum atau 2 liter setiap hari agar hidup kita menjadi lebih sehat. Semoga bacaan ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba….!!!

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top