You are here
Home > Pengetahuan > Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Kunyit adalah salah satu tumbuhan yang sangat banyak ditemukan di  Indonesia. Tumbuhan ini mempunyai nama latin yaitu Curcuma domestica, Vhal. Secara familia, kunyit merupakan suku tumbuhan dari Zingiberaceae, merupakan jenis rempah-rempah yang berasal dari India. Untuk panggilan, kunyit kadang memiliki nama panggilan yang berbeda, di masing-masing negara dan daerah contohnya Saffron (inggris), Kurkuma (Belanda),Koneng (Sunda), Kunir (Jawa), Konyet (Madura).

Tumbuhan kunyit sendiri memiliki ciri-ciri:

  • Daunnya kunyit mirip seperti daun pisang, hanya saja ukurannya lebih kecil.
  • Batang dan helaian daunnya berbentuk bulat telur.
  • Bagian luar buah kunyitnya berwarna coklat kejinggaan, dan
  • Sedangkan Bagian dalamnya bisa berwarna kuning, merah atau jingga.

 

Kunyit sendiri terdiri dari berbagai jenis, diantaranya sebagai berikut :

1. Kunyit Kuning

Kunyit jenis ini merupakan kunyit yang sering sekali dipergunakan dan mudah dijumpai. Kunyit ini pulalah yang biasa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan untuk menambah rasa khas pada masakan.

2. Kunyit Putih

Kunyit putih ini umumnya memilki daging yang berwarna putih. Maka dari itulah sering disebut sebagai kunyit putih. Kunyit putih tidak termasuk ke dalam keturunan curcumae, karena memiliki warna yang putih. Maka dari itu ciri khasnya berwarna putih dan transparan. Kunyit putih sering juga disebut sebagai temu rapet atau temu putri.

3. Kunyit Merah

Kunyit merah hampir sama dengan kunyit kuning, hanya saja warnanya lenig kemerah-merahan. Kunyit ini biasa dipakai sebagai bumbu dapur. Adapun kegunaannya selain untuk bumbu, juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, baik jenis penyakit ringan ataupun berat.

4. Kunyit Hitam

Kunyit hitam merupakan salah satu tumbuhan yang sangat langka sekali, sehingga sangat sulit untuk mencari saat ini. Kunyit ini sangat banyak sekali peminatnya karena bisa mengobati kista dan juga sebagai bahan obat awet muda. Selain itu, kunyit ini biasanya sering dikait-kaitkan dengan hal mistik. Kunyit hitam pada dasarnya memiliki bentuk yang sama seperti kunyit pada umumnya hanya saja daginggnya berwarna biru kehitaman atau ungu kehitaman.

Baca juga :  Helikopter Anti Kapal Selam Rancangan PT DI dan Airbus

 

Sejak dulu Tumbuhan ini sudah dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia itu sebabnya tumbuhan kunyit ini banyak di manfaatkan oleh orang dari berbagai kalangan sebagai obat herbal. Sebagai obat Diabetes Mellitus,Tifus,Usus Buntu, Disentri, Sakit Keputihan, Haid tidak lancar, Perut mules pada saat haid, Membantu memperlancar ASI dan masih banyak lagi. Selain itu kunyit juga mempunyai khasiat untuk mempercantik kaum hawa pada umumnya digunakan sebagai Menghilangkan Noda bekas jerawat, Membuat kulit menjadi lebis halus, Bisa membuat kulit telihat lebih kencang dan awet muda, Mengobati Jerawat ,Mengobati kulit berminyak karena bisa mengurangi produksi miyak berlebih pada kulit, Menyamarkan kerutan, Membantu mengangkat sel – sel kulit mati dan masih banyak lagi.

Hal tersebut sudah di buktikan dengan berbagai penelitian yang dilakukan terhadap tanaman ini, dari hasil penelitian kunyit memiliki sejumlah kandungan zat warna kurkuminoid yaitu sebuah senyawa darilheotanoid sekitar 3-4% dan terdiri dari curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Selain itu pada tanaman kunyit juga terdapat Minyak atsiri sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen juga Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth, Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin.

Tanpa kita sadari ternyata tanaman-tanaman yang berada di sekitar kita seperti kunyit ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan selain dapat menyehatkan tubuh kunyit juga dapat mempercantik penampilan kita.(AZ)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top