You are here
Home > Pengetahuan > Manfaat Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat Tebu Bagi Kesehatan

Selamat Siang Sahabat Ksatria Pelindung Rakyat dimanapun sahabat berada, selamat beraktifitas.

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat tanaman tebu.

Sahabat pasti tahu apa itu tebu, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari tanaman tebu tersebut.

Tanaman tebu memiliki bentuk dasar berupa batang lurus beruas-ruas yang dibatasi dengan buku-buku dan pada setiap buku terdapat mata tunas, daunnya seperti pita dan memiliki permukaan kasar berpelepah seperti daun jagung serta tidak bertangkai.

Tanaman tebu tergolong kedalam keluarga rumput (family Gramineae) dengan nama latin Saccharum officinarum. Tebu banyak disukai karena aroma dan rasanya yang sangat khas. Tebu juga sangat mudah di jumpai di seluruh kota di Indonesia karena tumbuhan ini hanya tumbuh pada iklim tropis saja.

Dibalik rasanya yang manis dan khas, air tebu juga terbukti sangat menyehatkan kerena air tebu mengandung berbagai jenis bahan yang sangat alami dan bahkan tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis.

Berikut beberapa manfaat air tebu bagi kesehatan :

  1. Meningkatkan Pasokan Energi Tubuh

Tebu mengandung sebuah senyawa elektrolit aktif serta glukosa alami yang bisa meningkatkan energi untuk tubuh karena mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu zat gula menjadi salah satu penambah energi yang paling besar terutama saat musim panas.

  1. Aman untuk penderita Diabetes

Penderita diabetes memang harus memilih sumber energi atau sumber manis dengan hati-hati. Karena semua jenis gula apalagi yang memiliki kadar gula tinggi sangat dilarang. Berbeda dengan air dari gula tebu yang ternyata sangat bagus untuk penderita diabetes. Hal ini karena gula alami pada air tebu bisa menurunkan kadar gula darah karena kandungan glikemik gula yang sebenarnya lebih rendah dibandingkan dengan gula olahan lain.

  1. Melawan Kanker

Tebu memilik kandungan antioksidan yang sangat kuat. Dan jika antioksidan yang termasuk dalam air tebu bercampur dengan mineral dari sumber makanan lain dalam tubuh, reaksi seperti ini sangat efektif untuk mencegah semua jenis kanker. Zat fitokimia dalam air tebu juga sama sekali tidak menimbulkan efek samping.

Baca juga :  Pentingnya mengingat Hari-Hari Besar Nasional Indonesia

 

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal memang tidak bisa terhindarkan terutama ketika tubuh tidak mendapat energi dari sumber protein. Air tebu mengandung protein yang bisa membantu ginjal untuk menyaring semua cairan termasuk darah dan air. Dengan mengkonsumsi air tebu paling tidak dua kali dalam seminggu sudah bisa mengurangi resiko penyakit ginjal.

  1. Mencegah Penyakit Infeksi Pada Lambung

Air tebu mengandung kalium dalam jumlah yang sangat tinggi. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan otot dan syaraf serta menjaga kondisi kesehatan agar tetap baik. Kalium yang ditemukan pada air tebu bisa mencegah berbagai jenis infeksi yang bisa terjadi pada lambung, bahkan bisa mengatasi beberapa keluhan pencernaan seperti diare/sembelit.

  1. Mencegah Kerusakan Gigi

Kandungan mineral yang sangat tinggi dalam air tebu sangat efektif mengatasi kerusakan gigi dan bau mulut. Mineral banyak dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat struktur gigi dan juga meningkatkan enzim khusus yang bisa mencegah bau mulut.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Air tebu memiliki nutrisi yang bisa dibilang sangat lengkap. Air tebu memberikan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Selain itu kandungan flavonoid dalam air tebu sangat baik untuk mencegah semua jenis tumor dan kanker. Jadi secara umum gula tebu akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Nah… itulah beberapa manfaat dari air tebu untuk kesehatan. Para sahabat bisa mengkonsumsinya kapan saja. Sekian pengetahuan tentang tanaman tebu yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*

Top