You are here
Home > Tulisan > Rohani > Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Datang Lima Perkara

Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Datang Lima Perkara

Rasulullah SAW bersabda :

إِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَا بَكَ قَبْلَ هَرَ مِكَ ، وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَ غِنَا كَ قَبْلَ فَقْرِ كَ ، وَ فَرَا غَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ،وَ حَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْ تِكَ

“Gunakanlah yang lima sebelum datang yang lima, yaitu : Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa senggangmu sebelum datang masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.”

Maksud dari manfaatkan 5 perkara sebelum datang lima perkara yaitu untuk mengingatkan kita sebagai makhluk hidup untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin selama masa hidup kita agar hidup yang kita jalani bisa lebih berarti dan bermanfaat.

Adapun penjabaran dari 5 perkara sebelum 5 perkara tersebut yaitu :

  1. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Gunakanlah masa muda sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif untuk meraih kesuksesan di dunia dan untuk bekal di akhirat. Masa muda dan masa tua kita nantinya pastilah berbeda. Hal ini bisa dipandang dari segi fisik, kesehatan dan juga semangat yang membedakan antara masih muda dan sudah tua. Oleh sebab itu pergunakanlah masa muda sebaik mungkin sebelum datang masa tuamu.
  2. Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Sakit bukanlah sesuatu yang kita inginkan, namun kita sebagai manusia tidak pernah tau kapan kita akan sakit. Dalam hal ini bukan hanya sakit jasmani melainkan juga sakit rohani. Sehingga ketika kita masih dalam keadaan sehat maka manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin.
  3. Masa kayamu sebelum masa miskinmu. Jika kita diberikan kekayaan baik materi maupun lainnya, maka pergunakanlah kekayaan itu dengan sebaiknya, bukan dipergunakan untuk berfoya-foya. Karena jika kekayaan itu hilang dan datang masa miskin kita, maka hanya ada penyesalan dalam diri kita.
  4. Masa senggangmu sebelum datang masa sibukmu. Waktu ada emas, sehingga kita harus betul-betul memahami arti tersebut dimana kita harus menghargai waktu yang ada. Jika kita memiliki waktu senggang, maka pergunakanlah waktu senggang tersebut untuk hal yang bermanfaat seperti melakukan silahturahmi kepada saudara atau kerabat kita sebelum kesibukan menghampiri kita.
  5. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu. Kehidupan di dunia yang diberikan kepada kita hanyalah sekali, sehingga dengan kesempatan hidup yag hanya sekali itu seharusnya kita bisa memberikan yang terbaik dalam kehidupan kita dengan berbagai hal yang positif dan bermanfaat untuk bekal kita kelak di akhirat nanti.
Baca juga :  Diantara Berbagai Keadaan Zaman Berikut Ini, Dimanakah Kita Berada..??

“Sebaik-baik manusia adalah manusia yang dianugerahi umur yang panjang dan banyak berbuat kebajikan. Seburuk-buruk manusia adalah manusia yang dianugerahi umur yang panjang dan diisi dengan maksiat.”

Leave a Reply

*

Top