You are here
Home > Berita > Mari Jaga Keerom Papua !!! Pentingnya Deteksi dan Cegah Dini

Mari Jaga Keerom Papua !!! Pentingnya Deteksi dan Cegah Dini

Keerom – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) selenggarakan sosialisasi peningkatan kepekaan, kewaspadaan dan kemampuan deteksi dan cegah dini, bertempat di Aula Perbatasan, Jalan Trans Irian Arso Kota, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Jumat (14/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 120 orang yang terdiri dari unsur Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama( FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan, KNPI, Organisasi Wanita, Polmas dan RAFI serta tokoh-tokoh adat yang ada di Kabupaten Keerom. Tanpa ada halangan yang berarti, acara sosialisasi pun berjalan dengan khidmat.

Upaya deteksi dini dan cegah dini dalam kehidupan bermasyarakat adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kasus kriminalitas dan potensi gesekan antar warga dengan berbagai kepentingan yang melatarbelakanginya.

Hal tersebut mendasari dilaksanakannya sosialisasi yang dilaksanakan tersebut, dengan tujuan untuk menciptakan kondosi wilayah Keerom agar senantiasa kondusif.

Pabung Kabupaten Keerom Kodim 1701/Jayapura Mayor Arh Dwi Purwanto selaku pembawa materi, menggungkapkan bahwa upaya deteksi dan cegah dini guna menciptakan situasi Keerom yang kondusif, yang dengannya semua pihak harus berkerja sama satu sama lain.

“Upaya deteksi dini dan cegah dini dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebagai bentuk menjaga dan menciptakan kabupaten Keerom tetap kondusif. Namun, hal yang terpenting adalah harus tetap memupuk kerjasama semua pihak, untuk bersama menjaga kewaspadaan dini oleh warga masyarakat, khususnya yang berada di kabupaten Keerom”. Uangkap Mayor Arh Dwi.

Baca juga :  Gotong Royong Bangun Rumah Kepala Kampung Bersama Warga

“Hal ini, mengingat kondisi masyarakat Keerom yang heterogen dengan berbagai latar belakang, memiliki potensi akan munculnya gesekan atau konflik yang pada akhirnya akan merugikan kita semua”. Lanjut beliau.

Selain itu, Pabung menyampaikan bahwa semua komponen masyarakat, harus senantiasa menjaga citra Keerom dan Papua yang nyaman dan kondusif, terlebih lagi dengan berabagai kondisi perguliran roda kehidupan masyarakat, yang sangat tergantung dengan suasana yang aman dan kondusif, yang jauh dari konflik dan maraknya kriminalitas.

Selanjutnya, beliaupun juga menyampaikan terkait keharusan warga Keerom untuk waspada bencana alam.

“Selain potensi konflik, penyalahgunaan narkoba dan kriminalitas, kita juga harus menyadari bahwa kita tinggal di wilayah yang rawan bencana alam, seluruh warga masyarakat harus dipersiapkan untuk menyesuaikan diri dan dapat menyikapi keadaan tersebut dengan bijak”. Ujarnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top