You are here
Home > Berita > Masa Orientasi Siswa (MOS) Danramil Ajarkan Wawasan Kebangsaan

Masa Orientasi Siswa (MOS) Danramil Ajarkan Wawasan Kebangsaan

Mappi – Guna meningkatkan pengetahuan tentang pentinnya kesadaran akan bela negara bagi generasi muda sejak dini, Danramil 1707-14/Senggo Kapten Arm Budi Saputra, mengajarkan materi wawasan Kebangsan (Wasbang) dilanjutkan Materi Pancasila kepada siswa dan siswi SMPN 1 Citak Mitak, Distrik Citak Mitak Kab. Mappi. Jum’at (14/07).

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) Tahun Ajaran yang baru di SMPN 1 Citak Mitak. Pembekalan yang disampaikan menyangkut hal-hal mendasar yang harus dipahami dan diamalkan terlebih pemahaman akan Empat Pilar-pilar Kebangsaan yang meliputi  Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Selain itu, pada kesempatan tersebut Danramil juga memberikan materi tentang Sumpah Pemuda.

“Kegiatan seperti ini tentunya sangat diperlukan mengingat selama ini para pelajar yang berada di daerah pedalaman pada umumnya masih belum mengenal tentang arti dari Pancasila yang merupakan Dasar Negara Indonesia”, ungkap Danramil.

Kepada para pelajar Danramil 1707-14/Senggo mengingatkan kembali bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang memiliki sopan santun dan sangat mengedepankan toleransi antar umat beragama serta mempunyai sifat gotong-royong dan kesetiakawanan yang sangat  kuat, “Hal ini sangat sesuai dengan dasar Negara RI yaitu Pancasila”, tegasnya.

Baca juga :  Siap Tanam Padi Perdana di Lahan Baru

Kepala sekolah Bapak Mapile, Sp. manyambut baik atas pemberian materi Wawasan Kebangsaan yang diberikan oleh Danramil 1707-14/Senggo mengingat bahwa pengajaran mengenai Pilar-pilar kebangsaan yang diberikan oleh para guru kepada para Siswa dan Siswi di sekolahnya masih minim.

Oleh karenanya dengan adanya kegiatan Wawasan Kebangsaan ini kami merasa terbantu tak lupa kami mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasi TNI untuk selalu membina Generasi Muda yang berguan bagi nusa dan bangsanya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top