You are here
Home > Berita > Masyarakat Ambaidiru Promosikan “Mandai Coffee”

Masyarakat Ambaidiru Promosikan “Mandai Coffee”

Yapen – Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Napseng menghadiri launching peresmian nama “Kopi Mandai hasil produksi dari petani kopi di Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo Kab. Kep. Yapen. Kendati tidak memiliki potensi tambang seperti daerah lainnya di Papua namun bukan berarti daerah Kab. Kep. Yapen ini miskin akan potensi alam. Di bidang pertanian, daerah ini ternyata memiliki potensi yang luar biasa. (06/04)

Peranan Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel tak hanya melakukan pendampingan terhadap program upsus Pajale, akan tetapi Babinsa juga ikut serta dalam membantu mendampingi petani kopi. “Saya berharap dengan hasil produksi kopi di Kampung Ambaidiru ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” tutur Sertu Napseng.

Hasil dari perkebunan kopi ini diresmikan dengan memakai nama Mandai Coffee yang diberi slogan “Mantap Kopinya Nikmat Aromanya”. Pada awalnya kopi ini memang lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan Kopi Yapen, diharapkan dengan adanya usaha ini mampu membawa keuntungan yang besar bagi masyarakat Ambaidiru khususnya bagi para petani kopi.

Ada dua alasan yang menyebabkan kopi ini menjadi istimewa, yang pertama karena kopi Mandai ini diolah secara tradisional di Yapen, tepatnya di Kampung Ambaidiru. Kedua, cara menggoreng biji kopinya yang setengah matang, hal ini akan memunculkan aroma legit seperti rempah dan pada saat diseduh dibikin minuman, wangi aroma kopinya akan muncul seperti harumnya kopi Cappuchino.

Baca juga :  Dandim 1702/Jayawijaya Pimpin Upacara Korp Raport Masuk dan Pindah Satuan

Dan pada penghujung acara dilaksanakan kegiatan minum kopi bersama sekaligus untuk membuktikan ke khasan rasa yang dimiliki oleh kopi Mandai, hal ini juga bertujuan sebagai salah satu bentuk promosi agar Mandai coffee bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Kep. Yapen namun bisa dikenal sampai ke luar wilayah Papua sehingga nantinya produksi kopi Mandai di Kampung Ambaidiru ini dapat lebih maju. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top