You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > MBT (Main Battle Tank) Leopard 2 RI

MBT (Main Battle Tank) Leopard 2 RI

Tentara Nasional Indonesia telah mendapatkan kendaraan baru yang siap digunakan untuk menambah kekuatan pertahanan negara khususnya di jalur darat. Negara Indonesia telah mendatangkan 61 Unit MBT Leopard 2 RI yang didatangkan langsung dari Jerman.

Leopard 2 RI merupakan versi Leopard 2A4 yang telah di upgrade Rheinmetall Defence. Letak perbedaan utama antara Leopard 2 RI dengan Leopard 2A4 yaitu untuk Leopard 2 RI menggunakan lapisan komposit Advanced Modular Armor Protection (AMAP). Lapisan tersebut merupakan lapisan pelindung yang terbuat dari materi nano keramik, baja alloy dan titanium. Dari komposisi bahan dasar tersebut, lapisan ini memberikan kemampuan perlindungan yang jauh lebih baik.

Leopard 2 RI ini memiliki sifat modular atau bisa dikatakan mudah dibongkar pasang. Selain itu, kita juga bisa dapat memilih jenis kemampuan proteksi seperti menangkal granat berpeluncur roket (RPG) atau untuk peledak improvisasi (IED). Untuk laras meriamnya mengadopsi meriam Rheinmetall L/44 120mm menggunakan sistem pengisian munisi manual.

Leave a Reply

*

Top