You are here
Home > Tulisan > Rohani > Memahami Makna Hidup di Dunia

Memahami Makna Hidup di Dunia

Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Quran Al-Karim berfirman :

51_56
Q.S. Adz Dzariyat : 56

“Dan tidaklah telah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi (kepadaKu) (Q.S. 51 : 56)”

Demikianlah Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al Quran perihal tugas manusia dan jin di dunia ini.

 

Selain itu, Allah SWT juga berfirman :

Q.S. Al 'Ankabut 64
Q.S. Al ‘Ankabut 64

Dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnyan akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64)”.

Para pembaca yang budiman, dalam firman Allah SWT dalam surat Al Ankabut ayat 64 di atas, dikatakan bahwa kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah sebagai main-main dan senda gurau belaka. Namun, hal itu bukanlah berarti bahwa kita hidup di dunia ini hanyalah untuk sekedar bermain-main saja, kehidupan kita di dunia ini haruslah kita hadapi dengan serius dan sepenuh hati.

Kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang bersifat sementara, segala keindahan yang kita lihat hanyalah bersifat kepalsuan bak fatamorgana. Segala yang ada di dunia ini pada akhirnya akan berlalu, semuanya akan kita tinggalkan untuk menuju akhirat sebagai kehidupan kita yang sebenarnya.

Marilah kita senantiasa memahami dan mengingat makna dan arti tujuan hidup kita yang sebenarnya. Ingatlah, sedikit saja kita salah menentukan arah perjalanan hidup kita, maka semakin jauh kita telah melakukan perjalanan, semakin jauh pulalah kita dari tujuan kita.

Coba kita bayangkan, bila seandainya di depan kita ada seeokor kambing yang kita lihat sedang asyik bermain, lari kesana kemari dan juga sedang lahapnya memakan rumput hijau yang terhampar. Coba kita bayangkan, bagaimana seandainya kambing itu adalah kambing yang akan disembelih untuk dikurbankan hari esok ? Betapa malangnya kambing itu bersenang-senang, namun ia tidak tahu bahwa hari esok adalah hari dimana ia akan merasakan kesakitan yang luar biasa.

Baca juga :  Selalu Ucapkan Rasa Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Selanjutnya, coba kita bayangkan apabila hari ini kita sedang bersenang-senang, terlena dengan kehidupan di dunia ini, namun ternyata hari esok adalah hari dimana kita akan meninggal dan masuk ke dalam neraka ? Betapa celakanya kita, kita akan merasakan azab dan siksa yang amat pedih nan kekal dikarenakan kita telah terlena oleh kehidupan dunia ini. “Wa maa al hayaata ad dunya, illa mataa’u al ghurur. Dan tidaklah kehidupan dinia ini, melainkan kesenangan yang menipu (Q.S. Alhadid : 20)”, demikian Allah SWT berfirman Al Quran Al Karim mengenai kesenangan di dunia ini.

Demikianlah, makna hidup kita di dunia ini. Kehidupan kita tidaklah hanya sekedar untuk beraktivitas makan, minum, bekerja, tidur, kemudian bangun lagi untuk melakukan hal yang sama. Kehidupan kita tidaklah cukup hanya sekedar untuk hal itu, kehidupan kita ini jauh lebih besar dari semua itu. Kehidupan kita di dunia ini adalah kehidupan sebagai ladang tempat kita beribadah, menyiapkan bekal sebanyak mungkin untuk kehidupan akhirat kelak.

Semoga kita tidak terlena dengan kehidupan dunia yang sementara ini. Semoga kita senantiasa ingat bahwa makna hidup kita di dunia ini adalah untuk kehidupan akhirat sebagai kehidupan kita yang sebanarnya. Amin,…!!!

Leave a Reply

*

Top