You are here
Home > Pengetahuan > MEMBUAT LOGO DENGAN MENGGUNAKAN SHAPES MS.POWERPOINT

MEMBUAT LOGO DENGAN MENGGUNAKAN SHAPES MS.POWERPOINT

Jumpa lagi kita dengan rubrik pengetahuan umum di website kodam XVII/Cenderawasih. Kali ini penulis ingin mensharing bagaimana cara membuat logo atau gambar dengan menggunakan menu Shapes di Microsoft Powerpoint (Ms. Powerpoint).

Mungkin dari rekan-rekan pembaca pernah suatu kali akan membuat logo atau gambar simbol yang bagus namun belum menguasai software profesional untuk membuat Logo seperti Corel Draw atau Photoshop. Penulis mencoba memperkenalkan cara sederhana yang sebenarnya sudah ada, namun banyak dari kita tidak menyadari keberadaan menu tersebut.

Menu yang penulis maksud adalah menu Shapes pada Ms.Powerpoint. Menu ini ternyata dapat kita edit dan kita rubah sesuai dengan keinginan kita (Customs). Untuk lebih jelas dan terperincinya bagaimana mempergunakan shapes untuk membuat logo, mari kita ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Ms.Powerpoint dan buka lembaran baru.

    1
    Langkah Pertama (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  2. Masuk menu Insert dan pilih Shapes.

    2
    Langkah Kedua (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  3. Pilih bentuk sesuai keinginan. Saran penulis untuk Shape fill beri tanpa warna (No Fill) dan Shape Outline beri warna merah atau hitam dengan Weight ¼ pt.

    3
    Langkah Ketiga (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  4. Setelah memilih shapes, kita masuk ke menu Edit Shapes kemudian Edit Point. Maka Shapes berubah, line menjadi merah dan terdapat titik-titik hitam di setiap sudut bagian shapes tersebut.

    4
    Langkah Keempat (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  5. Setelah shapes berubah seperti itu, sekarang kita dapat merubah sesuka hati bentuk shapes tersebut. Untuk menambah atau menghilangkan titik hitam sebagai point pembantu kita, kita tinggal klik kanan pada garis atau titik tersebut.

    5
    Langkah Kelima (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  6. Untuk membuat lengkungan, kita juga dapat merubahnya dengan merubah posisi 2 garis pembantu yang ada di setiap titik hitam tersebut.

    6
    Langkah Keenam (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  7. Setelah bentuk dibuat kita tinggal isi dengan warna (Fill Shapes) dan gunakan Shapes Effect untuk menambahkan efek sesuka hati.

    7
    Langkah Ketujuh (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Berikut contoh pembuatan logo RAIDER yang penulis buat menggunakan Shapes.

  • Membuat latar hitam

    8
    Langkah Pertama (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  • Membuat latar merah putih

    9
    Langkah Kedua (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  •  Membuat pisau

    10
    Langkah Ketiga (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  • Membuat halilintar

    11
    Langkah Keempat (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  • Hasil Shapes yang dibuat sebelum di-Group

    12
    Langkah Kelima (Klik Gambar Untuk Memperbesar)
  • Hasil akhir Logo Satuan Rider, Cantik bukan???
    13
    Gambar Hasil Akhir (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

    Sekian pengetahuan umum mengenai pembuatan logo menggunakan Shapes Ms.Powerpoint. Saran dan komentar dari para pembaca sangat penulis tunggu untuk kemajuan rubrik pengetahuan umum ini. Sampai jumpa di pengetahuan umum lainnya.Jangan lupa Like Fanpage Kodam di Facebook Kodam XVII/Cenderawasih dan Follow Twitter kodam di @Kodam17cen.(hro/cend)

Leave a Reply

*

Top