You are here
Home > Tulisan > Umum > Mempesona, Bermanfaat, Bermakna, Itulah “TERATAI”

Mempesona, Bermanfaat, Bermakna, Itulah “TERATAI”

Bunga teratai merupakan tanaman air yang tumbuh di lumpur, kolam yang dangkal, laguna, rawa-rawa, sungai dan ladang yang basah. Teratai merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan bunganya memiliki diameter antara 5 sampai 10 cm. Saat ini ada sekitar 200 spesies tanaman teratai, 40 spesies diantaranya sudah dikenal dan dibudidayakan.

Bunga teratai berbentuk bulat besar dan menarik dengan banyak kelopak, memiliki warna cenderung pink kemerah-merahan atau putih. Benang sarinya berwarna kuning dan memenuhi bagian kelopak. Bunga teratai dapat tumbuh dengan baik di air karena memiliki ciri khusus sebagai bentuk adaptasi terhadap lingkungan. Ciri khusus tersebut antara lain mempunyai daun lebar dan tipis, daunnya memiliki lapisan pembersih, batang berongga, serta akar yang panjang. Daun tumbuhan teratai berbentuk lebar dan tipis berfungsi untuk mempercepat proses penguapan, menyerap cahaya sebesar-besarnya, dan untuk proses fotosintesis. Selain itu, daun teratai juga memiliki lapisan pembersih yang berfungsi untuk membersihkan daun dari kotoran.  Bunga teratai dapat muncul dan menyembul keluar dari permukaan air karena tangkai bunga yang tumbuh tegak. Teratai memiliki batang dengan ruang udara kecil di dalamnya. Rongga-rongga udara ini fungsinya adalah untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Walaupun batang dan akarnya berada di dalam air, dengan adanya rongga-rongga udara pada batang, teratai tetap dapat bernafas.

Keelokan bunga teratai tak hanya berfungsi sebagai penghias taman atau kolam, tetapi lebih dari itu, ia juga memiliki sejumlah khasiat dalam dunia pengobatan dan ternyata cukup nikmat untuk disajikan sebagai makanan bagi manusia. Konon, bunga teratai biasanya dikeringkan dan diseduh dengan air panas saat hendak dinikmati sebagai minuman. Teh teratai ini tidak dikonsumsi oleh sembarang orang. Bahkan jaman dahulu kala, hanya keluarga kerajaan yang bisa menyeruputnya. Selain nikmat, khasiat bunga teratai juga beragam. Bagian yang digunakan mulai dari akar, tunas, daun, umbi, bunga hingga bebijiannya. Umbi bunga teratai juga kaya manfaat, banyak yang telah mengolahnya menjadi penganan khas seperti dodol, acar, tumisan dan lain-lain. Umbi ini spesial sebab tak hanya nikmat, ia juga bisa mengusir penyakit batuk.

Baca juga :  Jadikan Manusia Berkarakter Mulia Melalui Pendidikan

Keunikan lain dari bunga Teratai adalah  walaupun tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat) namun warna bunganya akan tetap cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya. Hal ini dapat kita jadikan sebagai sebuah filosofi, yang menyiratkan bahwa walaupun Teratai hidup di lingkungan yang berlumpur dan kotor namun dia tetap memancarkan suatu keindahan yang alami, ini mengandung makna bagi kehidupan manusia bahwa “dimanapun kita berada semestinya mampu memberikan suatu kebaikan bagi lingkungan sekitarnya dan juga bermanfaat bagi manusia lainnya.”

Leave a Reply

*

Top