You are here
Home > Berita > Menanamkan Jiwa Pancasila dan Jiwa Kebangsaan di Lingkungan Pendidikan

Menanamkan Jiwa Pancasila dan Jiwa Kebangsaan di Lingkungan Pendidikan

Yapen, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Serui, Perwira Seksi Teritorial Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Budi Hermanto beserta staf memberikan materi wawasan kebangsaan dan Pancasila serta permainan yang dapat menenumbuhkan jiwa kebersamaan kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Serui, Sabtu (22/07/2017).

Kapten Inf Budi Hermanto menuturkan bahwa, “Kami berharap dengan materi wawasan kebangsaan yang diberikan akan memupuk dan menumbuhkan jiwa pancasilais dari setiap siswa. Apabila melemahnya pengamalan Pancasila dari setiap masyarakat Indonesia, maka akan terus bermunculan ideologi-ideologi lain yang akan merusak dan merongrong persatuan bangsa kita”.

Selanjutnya, terkait latar belakang pemberian materi wawasan kebangsaan dan Pancasila tersebut, beliau melanjutkan bahwa hal itu untuk mencegah para pelajar  sejak dini, dari terjerumus kepada pengaruh asing sepeti narkoba dan lainnya.

“Mengingat usia yang dimiliki oleh setiap para siswa adalah usia yang penuh dengan rasa penasaran dan selalu ingin mencoba-coba hal atau sesuatu yang baru untuk itu, kita menyikapi hal ini dengan menanamkan wawasan kebangsaan dan jiwa Pancasila kepada para siswa sejak dini, agar tidak terpengaruh dan terjerumus dengan pengaruh asing seperti narkoba, seks bebas, minuman keras serta mencegah masuknya paham komunis dan separatis yang sedang mendunia seperti saat ini,” lanjut Kapten Inf Budi.

Setelah mengikuti materi wawasan kebangsaan yang dibawakan, para siswa diajak bermain permainan buldozer, estafet air dan hoola hoop. Permainan tersebut membutuhkan kerjasama tim yang baik, sehingga dapat memupuk jiwa kerjasama dan kebersamaan mereka. Terbukti, hal ini ditunjukan dengan baik sangat oleh para siswa, yang menunjukkan keeratan jiwa mereka satu sama lain.

Baca juga :  Yonif 753/AVT Melaksanakan Perlombaan Tontangkas Materi Menembak

Mengomentari kegiatan tersebut, bapak I Nyoman Warte selaku Kepala Sekolah memberikan tanggapan yang positif.

“Diharapkan dengan kerjasama yang baik yang ditunjukan oleh para siswa dengan permainan yang diberikan oleh bapak TNI, semoga para siswa semakin meningkatkan semangat kebersamaan antar sesama, sehingga dapat saling mengingatkan kepada sesama agar tidak terjerumus dan masuk pada kesalahan-kesalahan yang merugikan diri sendiri juga bangsa Indonesia”. Ujar Kepala Sekolah bapak I Nyoman Warte.

Sebagai pesan terakhir, pada kesempatan tersebut Kapten Inf Budi Hermanto juga mengingatkan agar jangan pernah bosan untuk melaksanakan Upacara Bendera pada hari senin, karena dengan Upacara Bendera akan meningkatkan semangat kebangsaan dan sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah rela mati berjuang untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top