You are here
Home > Pengetahuan > Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Dalam berpuasa kita di perbolehkan untuk menyikat gigi, itu untuk menjaga bau mulut kita agar tetap segar. Bukan hanya dalam berpuasa saja, dalam sehari-haripun kita akan merasakan yang namanya bau mulut. Bau mulut ini merupakan suatu hal yang mengganggu serta berdampak pada kehidupan sosial kita. Bau mulut yang terjadi ketika melaksanakan ibadah puasa merupakan salah satu hal yang wajar, namun hal ini sering kali menjadi satu masalah saat kita akan berkomunikasi dengan orang lain.

Bau mulut ini terjadi disebabkan karena produksi cairan ludah (saliva) berkurang, yang mengkibatkan mulut menjadi kering dan bakteri dalam mulutpun menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan muncullah bau mulut yang tak sedap.

Bau mulut tak sedap ini disebabkan oleh masalah dalam mulut kita sendiri, salah satu contohnya adalah gigi berlubang serta sariawan. Selain gigi berlubang dan sariawan, bau mulut juga disebabkan dari dalam tubuh kita sendiri, kita dapat lihat pada orang-orang yang mengidap penyakit diabetes dan maag. Bukan hanya itu saja, kurangnya menjaga kebersihan mulut, kebiasaan merokok, dan mulut kering itu juga dapat menyebabkan bau pada mulut.

Agar puasa kita lancar dan merasa percaya diri dengan bau mulut meskipun kita sedang melaksanakan ibadah puasa, ada beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi bau mulut tak sedap saat menjalankan ibadah puasa :

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Dengan cukup minum air putih, maka produksi saliva atau air liur juga akan bertambah sehingga mulut lebih bersih dan terhindar dari bau mulut.

2. Menggosok gigi dengan benar setelah sahur dan sesudah berbuka puasa serta membersihkan lidah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan di dalam mulut agar tidak membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap saat puasa.

Baca juga :  Penerangan Pasukan Kodam XVII/Cenderawasih

3. Minum teh hijau saat sahur dan berbuka. Teh hijau ampuh atasi bau mulut saat puasa karena mengandung zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.

4. Jangan mengonsumsi makanan lengket seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Makanan lengket seperti ini cenderung susah dibersihkan dan akan menempel lebih lama pada sela-sela gigi dan di area mulut sehingga menjadi pemicu timbulnya bau mulut.

5. Dianjurkan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan C seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

6. Konsumsi rempah-rempah seperti mint, ketumbar dan kayu putih.

7. Hindari makanan berbau tajam saat sahur dan berbuka. Makanan berbau menyengat seperti petai, jengkol atau durian merupakan makanan penyebab bau mulut sehingga harus Anda hindari ketika puasa.

8. Lakukan olahraga ringan meskipun sedang berpuasa. Olahraga akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk zat penyebab bau mulut.

9. Hindari tidur dalam jangka waktu yang terlalu lama karena akam memicu bau mulut yang tidak sedap.

Itulah beberapa tips mencegah dan mengatasi bau mulut saat menjalankan ibadah puasa, semoga pengetahuan ini dapat membantu menjaga kesegaran mulut dan dapata bermamfaat bagi kita semua. Selamat mencoba. (rz/cen)

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top