You are here
Home > Pengetahuan > Mencicipi Masakan Disaat Puasa, Itu Diperbolehkan

Mencicipi Masakan Disaat Puasa, Itu Diperbolehkan

Memasak merupakan aktivitas rutin yang kerap dikerjakan oleh kaum Hawa, agar memasaknya memiliki cita rasa yang sempurna, aktifitas mencicipi merupakan hal yang sering dilakukan, lantas bagaimana disaat Ramadhan seperti sekarang, batalkah puasa jika melakukan mencicip masakan disaat memaak.?

Menurut buku Ustad Saifudin Zuhri, jika mencicipi masakan tidaklah membatalkan puasa, tetapi dengan menjaga jangan sampai ada makanan yang masuk dalam kerongkongan. Hal ini juga disebutkan oleh Ibnu Abbas Radiyallahu ‘Anhu di dalam sebuat atsar, tidak apa-apa bagi seorang untuk mencicipi cuka dan lainnya yang dia akan membelinya (Atsar ini dihasankan As – Syaikh Al – Albani Rahimahullah di Al – Irwa no 937).

Hal tersebut juga disampaikan oleh Ustad Ammi Nur Baits, dewan pembina konsultasi syariah, menurut beliau aktifitas mencicip makanan itu diperbolehkan dan tidak akan membatalkan puasa, dengan catatan mencicip makanan hanya dilakukan di ujung lidah. Ini diperbolehkan bagi orang-orang yang melaksanakan puasa ramadhan, baik laki-laki maupun perempuan, untuk mencicipi makanan jika ada kebutuhan.

Baca juga :  Mengenal Dan Merawat Printer

Contohnya bisa dengan meletakkan makanan di ujung lidahnya, dirasakan, kemudian dikeluarkan dan tidak ditelan sedikitpun. Jika orang berpuasa menelan makanan yang dicicipi karena tidak sengaja, maka dia tidak wajib qadha, dan diperbolehkan melanjutkan puasanya.

Ini berdasarkan keumuman dalil yang menunjukkan dimaafkannya orang yang lupa dalam pelaksanaan syariat, disamping itu terdapat sabda nabi shallallahu alaihi wa sallam, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top