You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Mengapa TNI Mengenakan Baju Loreng ???

Mengapa TNI Mengenakan Baju Loreng ???

Tentara yang berada di seluruh belahan dunia identik menggunakan seragam yang bermotif loreng. Kenapa demikian..?, sedikit kami ingin berbagi dengan pembaca sekalian tentang motif baju yang dikenakan oleh tentara baik yang berada di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kita pernah berpikir mengapa setiap anggota TNI selalu mengenakan pakaian loreng ?, seragam yang memiliki motif abstrak serta dipenuhi dengan warna hijuau, cokelat dan hitam. Dari hal tersebut banyak orang yang berpendapat dengan mengenakan baju loreng tersebut kita akan tersamar dengan kalau kita berada di lapangan, namun masih ada alasan mengapa seragam militer tersebut identik dengan warna loreng atau sering dikenal dengan kamuflase.

Dengan menggunakan baju tersebut, maka setiap anggota TNI dapat melakukan kamuflase atau menyamar yaitu salah satu teknik survival sehingga membuat anggota TNI tidak akan terlihat maupun terdeteksi oleh musuh. Penerapan warna bukan hanya diterapkan pada kostum tetapi digunakan juga pada peralatan milter guna menyembunyikan mereka dari pengamatan dengan mata telanjang. Sehingga mereka dapat menyatukan diri dengan medan dan akan mengurangi segala bahaya sebagai sasaran tembak musuh.

Awalnya belum ada yang menggunkan baju loreng, mereka masih menggunakan warna yang mencolok guna berani menakuti musuh dan baju loreng pertama kali digunakan pada awal 1800-an oleh sebagian unit militer. Setiap baju selalu menyesuaikan medan yang ada, negara kita lebih dominan dengan pepohonan yang berwarna hijau, tanah serta kayu yang berwarna cokelat, sehingga kita lebih memilih pola m 81 Woodland yang telah populer dari tahun 1981.

Baca juga :  Cara Berkebun Salak Yang Baik Dan Benar

Penggunaan baju inilah yang membuat tugas TNI dapat maksimal dalam bertugas untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan negara ini, walaupun sudah ada teknologi yang lebih baru dalam mendeteksi posisi manusia dengan menggunakan inframerah dan lain sebainya, namun seiring berjalannya waktu telah ditemukan metode-metode dan kamuflase yang berbeda. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa TNI mengenakan baju loreng.

Itulah sekilas pengetahuan yang penulis miliki, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian yang masih malu-malu bertanya kepada orang lain. Karena setiap manusia memiliki cara masing-masing untuk mendapatkan informasi.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top