You are here
Home > Pengetahuan > Mengatasi Asam Lambung

Mengatasi Asam Lambung

Selamat Siang para Sahabat Ksatria Pelindung Rakyat, perlu diketahui bahwa lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungi sebagai tempat untuk menyimpan makanan. Lambung juga merupakan tempat berkumpulnya makanan dan cairan yang telah dikunyah. Di dalam lambung, makanan digiling kembali menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus untuk dialirkan ke duodenum (bagian awal dari usus kecil). Lambung dapat memproduksi asam lambung yang mengandung asam klorida dan pepsin (hormin pencernaan). Asam tersebut berfungsi membantu pencernaan makanan. Jadi, dalam kondisi normal, asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan. Jika produksi asam di lambung berlebih, menyebabkan lapisan mukosa iritasi sehingga lambung menjadi luka.

Nah, untuk membantu mengatasi asam lambung yang berlebihan dapat menggunakan obat maag. Obat maag atau biasa dikenal juga dengan istilah antasid yang mengandung senyawa basa atau garam bersifat basa. Senyawa basa dapat menetralkan kelebihan asam di lambung. Perlu diketahui jika semakin banyak kadar asam senyawa basa di dalam obat maag, maka semakin banyak asam yang dapat dinetralkan sehingga lebih efektif mengatasi gejala sakit maag dengan tuntas. Senyawa tersebut diantaranya, magnesium hiroksida, alumunium hidroksa, alumunium karbinat, kalsium karbonat, dan natrium bikarbonat.

Banyak penyebab asam lambung naik mulai dari makanan yang terlalu banyak memadati lambung yang akan menghambat aktifitas lambung sehingga asam lambung tidak dapat bersentuhan dengan makanan yang berbeda di bagian tengah lambung. Selain itu asam lambung kebanyakan terjadi akibat makanan yang tertelan masih dalam bentuk kasar sehingga lambung dan usus halus harus bekerja keras mengolahnya.kebiasaan makan yang tergesa-gesa juga menyebabkan sejumlah udara tanpa sengaja masuk ke dalam lambung. Jika pada saat itu sudah ada sejumlah besar asam lambung, sebagian asam lambung itu akan keluar bersama udara. Kejadian inilah yang sering menimbulkan perut sakit seperti kembung.

Ada juga beberapa cara lain untuk mengatasi asam lambung seperti Kunyit. Kunyit dapat menjadi obat maag yang aman dikonsumsi tanpa efek samping. Hal ini sudah terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati luka lambung yang dipicu oleh aspirin.

Baca juga :  Korps Infanteri "Queen of the Battle"

Mengatasi asam lambung naik dengan cara alami selain dengan menggunakan kunyit juga bisa dengan cara dibawah ini :

  • Mengunyah permen karet

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet selama kurang lebih 30 menit akan membantu mengurangi keluhan naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan permen karet membantu merangsang laju pelepasan dari air liur. Asam yang terkumpul di dalam perut akan bersih dan tercuci sampai habis dengan cepat.

Baking Soda

Sifat basa yang terkandung dalam baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri dada. Selain itu, manfaat lainnya adalah dalam membantu menghilangkan asam. Caranya adalah campurkanlah ½ sampai 1 sendok the baking soda ke dalam segelas air. Jika asam lambung masih saja naik, maka cari cara lainnya. Jangan gunakan baking soda setiap saat karena kandungan sodium bikarbonat di dalamnya mengandung garam yang dapat memberikan efek samping seperti mual dan juga muntah.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal alami yang sangat berguna untuk membantu mengatasi asam lambung berlebih. Sifat meredakan atau juga sebagai anti inflamasi di dalam esofagus atau di dalam kerongkongan dan sebagaimana halnya yang ada di dalam lambung. Manfaat dari lidah buaya adalah untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Cukup mengkonsumsi ½ gelas lidah buaya yang sudah di peras sebelum makan akan membantu menenangkan asam lambung.

Nah, Para Sahabat Ksatria Itulah informasi mengenai mengatasi asam lambung, semoga berguna untuk anda semua. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top