You are here
Home > Tulisan > Umum > Mengatasi Kram Perut Saat Berlari

Mengatasi Kram Perut Saat Berlari

Saat berlari, mungkin sebagian orang tiba-tiba mengalami kram perut mendadak, kejadian seperti ini termasuk normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kram perut ketika melakukan olah raga dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti mengkonsumsi makanan dan minuman berlebih sebelum berlari. Kram atau rasa nyeri tidak hanya dirasakan di perut, melainkan juga bisa terasa di bahu, tulang rusuk, atau daerah di bawah ketiak. Kram perut dapat dihilangkan dengan menggosok atau memijatnya secara perlahan di daerah perut yang terasa sakit.

Sebelum melaksanakan lari sebaiknya harus belajar menguasai dan mengontrol pernapasan dulu  untuk menghindari terjadinya masalah ini, rasa sakit dan nyeri bisa pula terjadi akibat hilangnya air dalam tubuh atau dehidrasi. Ini adalah sesuatu yang tak terhindarkan karena tubuh berkeringat deras selama melakukan aktivitas berat.

Tidak hanya itu, berlari sambil berbicara dengan rekan berlari bukanlah hal yang dianjurkan. Selain akan mengurangi konsentrasi dalam berlari, berbicara saat berlari terbukti menjadi salah satu penyebab kram perut saat berlari. Penyebab sebenarnya adalah kadar udara yang terlalu banyak didalam perut hingga menimbulkan rasa sakit. Udara masuk saat anda berbicara, dan semakin lama berbincang-bincang dilakukan, maka semakin banyak udara yang tersimpan di dalam perut.

Untuk menghindari kram perut sebaiknya sebelum berolah raga yang paling penting dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan cukup dilakukan selama 25 menit saja, melakukan pemanasan tidak hanya berguna untuk mencegah kram pada perut saja, tetapi juga berguna untuk menghindari adanya cidera pada otot kaki, tidak makan dan minum sebelum berlari tetapi bila terpaksa ingin makan dan minum, sebaiknya dilakukan sebelum olah raga sekitar rentan waktu satu jam. Dengan begitu makanan dan minuman akan diserap tubuh terlebih dahulu dan menciptakan energi pada tubuh, dan energi tersebut bisa dimanfaatkan untuk berolah raga.

Baca juga :  Manfaat Bawang Putih

Tidak hanya itu saja, konsentrasi saat olah raga sangat dibutuhkan dalam melaksanakan olah raga seperti lari, bulu tangkis, berenang, dan olah raga lainnya, dengan fokus saat olah raga maka pernafasan dapat diatur dengan baik. Kurangnya konsentrasi saat olah raga dapat mengakibatkan hal buruk seperti mudah lelah karena salah mengatur pernapasan, resiko jatuh yang bisa mengakibatkan cedera pada tubuh dan otot.

Sekian pengetahuan umum yang dapat kami sampaikan, semoga sharing tentang kram perut bisa bermanfaat untuk kita semua, salam sehat untuk semua. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top