You are here
Home > Tulisan > Umum > Mengenal Baju Loreng

Mengenal Baju Loreng

Kita semua pasti tahu mengenai seragam yang dikenakan oleh TNI, kita sering menyebutnya dengan Baju loreng. Tetapi apakah pernah terbesit di fikiran kita kenapa Tentara menggunakan loreng? Dan apa kegunaannya? Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang baju “Loreng” tersebut.

Kita pasti sudah familiar dengan seragam loreng TNI, ya Pakaian Dinas Luar (PDL) TNI yang bermotif abstrak dengan warna coklat, hitam, putih dan lebih dominan pada warna Hijau ini adalah tanda pengenal bagi Prajurit TNI.

Mungkin saat kita mendapat pertanyaan kenapa militer menggunakan loreng? Biasanya kita menjawab “agar tersamar atau agar tidak dikenali musuh” tetapi ternyata lebih dari itu. Loreng ternyata salah satu tehnik survival yaitu tehnik “Kamuflase” yang dalam artian personel militer tidak terdeteksi oleh musuh dalam hal ini tidak terlihat dan menyembunyikan mereka dari pengamatan visual musuh (dengan mata telanjang) atau tidak menggunakan alat bantu apapun.

Baca juga :  Arti Warna Helm Proyek

Dengan menggunakan baju loreng personel militer dapat menyatu dengan alam disekitarnya sehingga musuh tidak menyadari bahwa ada personel militer disana.

Di Indonesia Loreng TNI lebih dominan dengan warna hijau, mengapa demikian? Karena fungsi loreng sebagai tehnik kamuflase prajurit, sehingga penentuan warna dominan loreng di TNI menggunakan warna hijau karena faktor wilayah Indonesia yang masih banyak daerah hutan dan pepohonan yang berwarna hijau, tanah dan kayu yang berwarna coklat, sehingga loreng TNI menggunakan pola M81 Woodland. (AEBS/AKN)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top