You are here
Home > Tulisan > Umum > Mengenal Dan Merawat Printer

Mengenal Dan Merawat Printer

Printer saat ini adalah alat yang sangat dibutuhkan, apalagi perkantoran yang pastinya tidak akan lepas denngan alat yang satu ini. Banyak dari kita yang menggunakan printer tetapi banyak juga para pengguna printer yang tidak mengetahui bagaimana merawat Printer agar selalu awet dan dalam kondisi yang baik.

Printer sendiri mempunyai berbagai merek diantaranya adalah Canon, HP, Epson, Lexmark dan lain-lain yang mempunyai karakter dan kelebihan yang berbeda-beda. Selain mengenal merek, secara garis besar printer yang di pasarkan dibagai dalam tiga jenis yaitu inkjet, laser jet, dan dot matrix.

InkJet

Printer berjenis InkJet adalah printer yang modern yang menggunakan tinta cair untuk mencetak. Kualitas hasil cetaknya tergolong bagus dan bisa mencetak gambar berwarna. Tetapi printer jenis ini hasil cetaknya sangat rentan terhadap perubahan cuaca ataupun tempat yang lembab. Karena umumnya hasil print dari InkJet mudah luntur.

InkJet saat ini mempunyai varian lain diantaranya all in one dan infus. Dua jenis varian ini adalah yang paling populer. Jenis infus menggunakan tabung pengisi tinta diluar yang disambungkan di Cartridge sehingga kita akan sangat mudah dalam mengisi ulang tinta. Untuk all in one dilengkapi dengan mesin scaner dan menggunakan tabung pengisi tinta yang di luar juga

Laser Jet

Laser jenis ini menggunakan bahan berupa serbuk tinta yang di semprotkan ke kertas sehingga cara kerja printer jenis ini seperti mesin photo copy. Printer jenis ini sangat cepat dalam memproduksi dan kualitas cetak yang berupa teks sangat bagus.

Apabila kita hanya memproduksi dalam bentuk teks printer ini sangat cocok digunakan karena selain memiliki kecepatan printer jenis ini dapat menekan biaya produksi karena kebutuhan tinta yang cukup sedikit.

Selain kelebihan diatas printer ini memiliki kekurangan yaitu apabila digunakan mencetak foto hasilnya tidak cukup bagus dan cenderung agak kabur, selain itu harga Laser Jet warna lebih mahal dibanding dengan Ink Jet warna.

Dot Matrix

Printer jenis ini bisa dibilang sebagai printer jadul karena prinsip pencetakannya menggunakan pita tinta yang di pukul oleh jarum jarum sehingga menimbulkan pola pada kertas.

Walau jadul printer ini mempunyai banyak kelebihan di antaranya dilihat dari sisi ekonomisnya yaitu pita dari printer dot matrik lebih murah dibanding dengan toner atau tinta dari Laser Jet maupun InkJet.

Baca juga :  Mengenal Lebih Dalam Narkoba Jenis Baru LSD

Selain kelebihan di atas printer Dot Matrix bisa juga mencetak rangkap sekaligus, bahkan bisa juga untuk memproduksi ukuran kertas yang lebar.

Tetapi Printer Dot Matrik saat mencetak mengeluarkan suara yang cukup keras dan gerakannya lambat, apabila untuk mencetak gambar, printer jenis ini cenderung kurang bagus karena gambar akan terlihat seperti titik-titik yang saling terhubung serta warnanya tidak bisa bervariasi.

Setelah kita mengenal merek dan jenis printer, Penulis akan memberikan tips untuk merawat printer agar tetap dalam kondisi yang baik.

  1. Jangan terlalu membiarkan printer menganggur, karena apabila printer dibiarkan terlalu lama Tinta yang ada di printer bisa mengering. Apalagi printer jenis InkJet apabila tintanya mengering akan menghambat tinta mengalir dan akan merisak Cartridge
  2. Selalu gunakan fasilitas Clean Head secara berkala agar tinta dalam printer keluar dengan lancar
  3. Selalu bersihkan printer agar tidak terjadi macet saat proses print
  4. Apabila anda ingin mematikan printer biasakan menekan tobol power agar posisi cartridge bisa kembali ke posisi semula. Jangan biasakan langsung mematikan komputer dengan cara mencabut kabel atau mematikan arus dari stop kontak.
  5. Selalu gunakan Tinta isi ulang yang memang direkomendasikan oleh produsen printer agar kualitas gambar dan cartridge tetap terjaga baik.
  6. Sesegera mungkin mengisi ulang tinta, jangan menunggu sampai tinta habis karena akan mengakibatkan head cartridge tersumbat.
  7. Jangan pernah menyentuh chip di cartridge dengan tangan karena akan mempengaruhi arus listrik dan akan menggangu komponen tersebut, sehingga hail prin kita tidak bisa maksimal.

Sekian dari saya semoga info dari saya dapat berguna (Ag)

Leave a Reply

*

Top