You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Mengenal Meriam Caesar 155, Generasi Ketiga Self Propelled Howitzer TNI AD

Mengenal Meriam Caesar 155, Generasi Ketiga Self Propelled Howitzer TNI AD

Caesar 155 akan menjadi andalan baru artileri Angkatan Darat (AD) dalam pertempuran. Caesar 155 ini merupakan senjata pertama yang dimiliki TNI AD yang memiliki sistem bergerak dan memiliki daya jangka tembakan sejauh 39 KM. Meriam ini juga mampu melepaskan 6 amunisi berbobot 47 kg dalam 1 menit.

Senjata ini merupakan salah satu bentuk modernisasi alutsista yang dilakukan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia untuk memperkuat artileri TNI AD.

Meriam Caesar berkaliber 155 mm memiliki daya tembak sejauh 39 Km. Meriam ini dibuat oleh PT Nexter, yang merupakan sebuah perusahaan persenjataan di Roanne, Prancis.

Caesar 155 adalah sebuah meriam 155 mm yang selalu digendong oleh truk bermesin Renault ke mana pun bergerak. Truk ini berbobot 19 ton namun dapat melaju hingga 82 Km/jam, hal tersebut sangat membantu dalam pergerakan sehingga memiliki mobilitas tinggi.

Sistem penembakan di Caesar 155 ini juga telah dibuat otomatis, termasuk proses penyiapan dan pemasukan amunisi ke meriam. Truk ini membawa 18 amunisi yang ditempatkan dengan sangat aman di bagian kanan, sementara 18 fuse-nya ditempatkan di sebelah kiri.

Kabin dari truk pengangkut meriam caesar sudah dilengkapi dengan perlindungan anti Nuklir, biologi, dan kimia. Untuk urusan body, truk ini memiliki ketebalan baja khusus sehingga mampu menahan proyektil peluru caliber 7,62mm dan pecahan mortar kaliber 80mm.

Untuk pengoperasiannya, meriam caesar dioperasikan oleh 5 prajurit. Dimana 5 prajurit tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Pada saat truk bergerak menuju sasaran, kelima prajurit akan berada di dalam kabin, dengan salah satu prajurit  bertindak sebagai sopir. Begitu tiba di lokasi penembakan, kelima personel ini akan turun dari truk dan saling bekerjasama mengoperasikan penembakan. Satu personel bertugas mengambil amunisi, satu personel menyiapkan fuse (sumbu)-nya, satu personel memantau dan menentukan koordinat target serangan pada komputer, satu personel bertugas memasukkan amunisi, dan 1 personel sebagai komandan.

Baca juga :  Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin

Spesifikasi Howitzer Nexter Caesar 155mm :

  • Produsen      : Nexter GIAT, Perancis
  • Kaliber           : 155mm
  • Berat               : 18,5 ton
  • Dimensi truk : 7,32m x 2,5m x 3,26m
  • Dimensi seluruhan : 10m x 2,5m x 3,7m
  • Jarak tempuh            : 600 Km
  • Kecepatan                 : 50 Km/jam (off road) dan 100 Km/jam (on road)
  • Jarak tembak max    : 39 Km
  • Jarak tembak min     : 4,5 Km

 

kabin caesar
kabin caesar
Munisi caesar
Munisi caesar
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top