You are here
Home > Pengetahuan > Mengenal Penyebab Kram Perut

Mengenal Penyebab Kram Perut

Saat asik berolahraga kemudian tiba-tiba merasakan perut tertusuk dan keras, ini yang disebut dengan kram perut. Hentikan kegiatan olahraga sejenak kemudian penderita kram tidur terlentang. Setelah itu angkat kedua pinggangnya beberapa kali secara perlahan. Atur nafas tarik dan buang nafas secara perlahan untuk mengatur pasokan oksigen di perut. Apabila membawa minyak angin dapat dioleskan tipis-tipis dan kalau ada obat maag dapat diberikan juga kepada penderita kram.

Kram perut bisa saja terjadi akibat hal-hal berikut:

Perut belum terisi. Sebelum olahraga alangkah baiknya kita sarapan ringan seperti memakan kue, minum the manis hangat, atau memakan beberapa keping biskuit sebagai pengganjal perut agar siap diajak untuk berolahraga. Makan terlalu banyak juga tidak baik saat akan memulai olahraga karena juga dapat mengganggu aktifitas pencernaan perut yang sedang bekerja.

Kurang minum air. Dehidrasi dapat diakibatkan karena tubuh sudah mengeluarkan air berupa keringat yang cukup banyak namun kita kurang memasok air ke dalam tubuh kita. Yang mengetahui ketahanan tubuh kita adalah kita sendiri. Oleh karena itu apabila kita sudah merasa harus minum kita harus minum secukupnya agar tubuh kita tetap lembab dan suhu tubuh kita tetap terjaga.

Belum pemanasan sebelum olahraga. Senam pemanasan pada daerah pinggang, perut dan kaki sangat penting. Banyak olahraga yang menggunakan otot-otot pada bagian tersebut. Alangkah baiknya sebelum melaksanakan inti olahraga kita melaksanakan pemanasan otot terlebih dahulu agar otot-otot yang akan kita pakai berolahraga tidak kaget saat melaksanakan gerakan-gerakan yang menimbulkan kram otot.

Baca juga :  Mengenal Lebih Dalam Narkoba Jenis Baru LSD

Tergesa-gesa memulai olahraga. Saat memulai olahraga sebaiknya kita memulainya dengan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan peregangan otot. Lakukan gerakan berulang-ulang untuk melatih otot sebelum melaksanakan olahraga. Apabila ingin mengisi perut sebelum berolahraga alangkah baiknya satu jam sebelum olahraga dimulai agar proses pencernaan perut tidak tergannggu dan apa yang kita makan tersebut sudah siap menjadi pasokan tenaga saat berolahraga.

Berolahraga adalah tujuannya memelihara kesehatan tubuh kita. Jangan jadikan olahraga malah menjadi masalah kesehatan kita. Persiapkan diri dengan matang sebelum olahraga dimulai. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jiwa yang kuat akan siap melaksanakan tugas dan berhasil. (hro/cen)

Leave a Reply

*

Top