You are here
Home > Tulisan > Alat Utama Sistem Senjata > Mengenal Senjata M-16

Mengenal Senjata M-16

M-16 diciptakan untuk menggantikan M14 dan M1, sebagai senapan serbu yang dipakai oleh pasukan Infanteri bersenjata Amerika Serikat (AS). Senjata ini merupakan senjata standar perang yang digunakan Angkatan Darat Amerika Serikat untuk menyelesaikan tugas operasi di Vietnam Selatan pada tahun 1963. M-16 menggunakan magazen 5.56x45mm, yang mampu menghasilkan kekuatan yang besar dengan kecepatan tinggi sehingga dapat melukai musuh.

Dengan mode semi otomatis dan otomatis, senjata ini sangatlah cocok untuk pasukan penyerang yang bertugas untuk melumpuhkan musuh di medan perang. Dengan akurasi yang dimilikinya, mudah saja untuk para spesialis senapan untuk melumpuhkan musuhnya.

Senjata ini masih banyak diproduksi oleh Amerika serikat karena masih banyaknya minat dari beberapa negara di dunia untuk memperkuat persenjataan di dunia kemiliteran masing-masing negara termasuk Indonesia.

Untuk Desainnya, senjata M16 terbuat dari alumunium. Laras, bolt, dan bolt carriernya terbuat dari besi. Popor dan pegangannya terbuat dari plastik.

Model-model awal, M16 termasuk ringan dengan berat 2,9 kg. Namun demikian, ini masih jauh lebih ringan daripada senapan-senapan tahun 1950-an dan 1960-an. Selain itu,  juga lebih ringan dari AK-47 yang beratnya sekitar 5 kg.

Baca juga :  Sosok Panser Tarantula Yang Dimiliki Satuan Kaveleri

Ada beberapa varian untuk senjata M-16 ini. Diantaranya, seperti  M16A1, M16A2, M16A3, dan M16A4. Bila M16A1 beratnya 2,9 kg, untuk varian M16A2 dan varian-varian yang lebih baru, bobotnya lebih berat, yaitu 3,9 kg.

Untuk kelebihan dan kekurangan senjata M-16 antara lain:

Kelebihan:

  1. Mempunyai postur yang ringan
  2. Keakurasian terjaga
  3. Jarak tembak yang jauh

Kelemahan:

  1. Macet bila terkena air atau lumpur
  2. Power kurang

Dengan demikian, dari klasifikasi kelebihan dan kekurangannya tersbeut, senjata M16 diciptakan dengan mengutamakan segi tembak efektif kepada musuh, bukan untuk memiliki daya bunuh dan keandalan tinggi. Demikian sedikit informasi mengenai senjata jenis M16 ini, semoga bermanfaat (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top