You are here
Home > Tulisan > Teknologi Informasi > MENGINTIP SIAPA YANG MENCURI WIFI KITA…!!!

MENGINTIP SIAPA YANG MENCURI WIFI KITA…!!!

Sudah Tahukah Anda……

Terkadang kita tak sadar bahkan tidak tahu banyak alasan mengapa koneksi wifi di perangkat Android atau PC kita, kenapa bisa berjalan begitu lambat dan lama. Salah satu alasannya, bisa saja ada orang yang menggunakan wifi kita tanpa izin.

Sudah tahu kah anda ternyata ada caranya untuk mengetahui siapa saja orang yang menggunakan wifi kita tanpa izin, bahkan kita juga bisa langsung “mengkick” mereka dari jaringan internet tersebut. Berikut ini caranya, sebagaimana dilansir AndroidPit,

Siapa yang Menggunakan Wifi Saya?

Hal pertama yang perlu dilakukan, pastikan bahwa kita terhubung ke jaringan wifi yang ingin dipantau. Hal ini bisa dilakukan dengan cara download Aplikasi Monitor Jaringan Fing. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, membukanya, dan kita akan melihat nama jaringan pada home screen aplikasi, bersama dengan tombol Refresh dan Setting.

Cara melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan wifi kita, dengan mentap Refresh. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu kita akan melihat daftar perangkat yang terkoneksi dengan wifi kita. Interaksi yang dimaksud adalah mengirim ping, sinyal Wake on LAN, dan bahkan kita dapat mencatat kapan perangkat tersebut terhubung dan memutuskan sambungan dari jaringan Wi-Fi kita.

MENGINTIP SIAPA YANG MENCURI WIFI KITA...!!!
MENGINTIP SIAPA YANG MENCURI WIFI KITA…!!!

Cara Memblokir Perangkat Tanpa Izin

Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan tidak biasa atau mencurigakan, kita bisa memblokir perangkat tersebut. Fing akan menunjukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan kita. Berikut cara memblokir perangkat tersebut antara lain :

  1. Pada komputer yang dihubungkan ke router Anda, enter IP router Anda ke dalam browser, kemudian enter rincian login router di halaman berikutnya.
  2. Setelah login ke router, temukan pilihan keamanan (lokasi bervariasi antara router dan mungkin terletak di bawah Advanced Settings).
  3. Dalam Security, klik MAC Filtering, kemudian tambahkan perangkat.
  4. Masukkan alamat MAC dari perangkat yang ingin kita blokir, lalu klik Apply, Save, atau Ok.
  5. Selanjutnya login ke router kembali, lakukan pengubahan sandi wifi, agar tidak ada perangkat lain lagi yang akan mencoba mencuri jaringan wifi kita.
Baca juga :  Tips Merawat Baterai SmartPhone (Android)

Semoga dengan adanya pemahaman tentang ilmu yang diberikan dapat memberikan sedikit pencerahan jika para pengguna Internet mengalami kejadian seperti itu. Jadi tetap waspada dan berhati-hati dalam menggunakan Internet, lakukan dengan bijak dan positif. (JP/CEN)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top