You are here
Home > Berita > Merauke Peringati Hari Pramuka Ke-55

Merauke Peringati Hari Pramuka Ke-55

Merauke – Dengan thema Nasional, “Membangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan Yang Keren, Gembira Dan Asyik”, Kwarcab  2601 Merauke menggelar Apel Besar se-Kabupaten Merauke dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-55 yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 1707/Merauke pada, Sabtu (27/08).

Apel besar dalam memperingati Hari Pramuka ke-55 dipimpin oleh Bupati Merauke Frederikus Gebse, S.E, M.Si., selaku Kamabicab Merauke, diikuti oleh 400 peserta Kwarcab Pramuka se-Kabupaten Merauke.

Kegiatan ini dihadiri Danrem 174/ATW yang diwakili oleh Kasiter Korem 174/ATW Kolonel Arm Moch Erwansjah, Dandim 1707/Merauke  Letkol Inf I Made Alit Yudana, Kadis Pers Lanud Merauke, Kadis Potmar Lantamal IX Merauke, Kasi Sen Lanud Merauke, Kepala Bapeda Merauke, Kepala Dinas Kominfo Merauke dan  Para Kepala SD, SMP dan SMA se-Kota Merauke.

Dalam sambutannya, Kamabicab Frederikus mengatakan, semoga peringatan Hari Pramuka ini dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian Gerakan Pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa masa depan yang handal dan lebih baik.

”Saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai Majelis Pembimbing, Andalan, Pelatih, Pembina, Pamong Saka maupun Instruktur untuk merapatkan barisan, kerjasama secara sinergis dalam mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela Negara.

Sambung Bupati, “Kita sangat prihatin dengan situasi kaum muda di negeri kita sekarang-sekarang ini, semakin banyak dan maraknya pengkonsumsi miras, tingginya pravalensi merokok pada usia muda, pemakaian narkoba yang sudah tidak bisa dikendalikan, terorisme sebagai pelakunya banyak kaum muda, rendahnya rasa hormat kepada orang tua, kejahatan seksual pelakunya juga kaum muda serta berbagai dampak situasi sosial budaya dan ekonomi yang kurang kondusif lainya. Semua ancaman tersebut merupakan tanggung jawab dari semua komponen bangsa termasuk Gerakan Pramuka”.

Baca juga :  Penemuan Senjata Laras Panjang Oleh Satgas Pamtas Yonif Para Raider 503/MK Kostrad

“Perlu diingat, Presiden Soekarno dalam menyatukan organisasi-organisasi di Indonesia salah satunya gerakan Pramuka sudah dicantumkan dalam momentum terbitnya Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961. (Gerakan pramuka merupaka penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa). Dan saya yakin Pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainya, karena tugas dan fungsi Pramuka yaitu mendidik kaum muda agar berwatak, berkepribadian, berkarakter, berjiwa patriotik, dan memiliki jiwa bela negara”, ucap Kamabicab Frederikus. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top