You are here
Home > Berita > Mimika Gelar Peringatan Hari Pahlawan 2017

Mimika Gelar Peringatan Hari Pahlawan 2017

Timika ~  Peringatan Hari Pahlawan merupakan cermin atau refleksi pengorbanan, keteladanan dan keteguhan para Pahlawan dalam berjuang meraih Kemerdekaan yang masih terus diteladani oleh TNI sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan Tugas Pokok dan perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Menyikapi hal tersebut, Kodim 1710/Mimika dan Denkav-3/SC beserta Satbapras melaksanakan Upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di lapangan upacara Kodim 1710/Mimika, Jumat (10/11).

Dalam kesempatan ini yang menjadi Inspektur Upacara adalah Kabenglap Timika, Mayor Cpl Budi Purnomo sedangkan Perwira Upacara dijabat oleh Pjs. Pasipers Kodim 1710/Mimika, Letda Inf Maximus Warwuru dan Komandan Upacara dijabat oleh Letda Inf Soleman Mulait serta diikuti oleh sekitar 120 orang anggota.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pengibaran bendera merah putih dan pembacaan UUD 1945 oleh anggota Rumkitban dan Subdenpom Timika. Selain itu dibacakan juga kata-kata mutiara dari pahlawan Nasional yang berjuang pada masa perjuangan diantaranya pesan Nyi Ageng Serang, Jenderal Sudirman, Silas Papare, Patimura, Sukarno dan Muhamad Hatta, dilanjutkan pembacan amanat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara disampaikan bahwa rakyat Indonesia harus bersatu sebagai implementasi pesan kepahlawanan seperti yang dikatakan Bung Karno bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Baca juga :  KODIM 1707/MERAUKE KEMBALI GELAR NOBAR FILM G 30S/PKI

Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa, Presiden RI sudah mengarahkan seluruh elemen untuk mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan azas gotong royong. Di akhir amanat Mensos disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahwalan masyarakat maupun pahlawan bagi negeri sendiri.

Upacara Hari Pahlawan diikuti seluruh peserta Upacara dengan khidmat dan dijadikan sebagai peringatan serta pedoman semangat juang Bangsa yang harus diterapkan kepada setiap insan masyarakat Indonesia. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top