You are here
Home > Tulisan > Umum > Mobil Murah LCGC Program Pemerintah

Mobil Murah LCGC Program Pemerintah

Program mobil murah yang diluncurkan oleh pemerintah menuai berbagai macam tanggapan dari masyarakat. Ada yang menanggapinya sebagai solusi yang menjawab kebutuhan kalangan bawah agar dapat miliki mobil. Namun bagi pihak yang pesimis merasa bahwa program pemerintah ini malah akan menambah kemacetan di jalan raya.

Mobil murah pada umumnya dirasakan oleh masyarakat akan menambah semakin banyak polemik di jalan raya, tapi tidak dengan pemerintah. Pemerintah meluncurkan program ini dengan berbagai tujuan, pertama : merangsang berkembangnya industri mobil nasional, kedua : mendukung gerakan Indonesia hijau, karena mobil murah ini menggunakan bahan bakar dengan timbal yang lebih sedikit, ketiga : meningkatkan jumlah pembelian kendaraan beroda empat, ini sebagai indikator kesejahteraan masyarakat Indonesia yang kian meningkat dan ada lagi alasan-alasan lainnya yang menguatkan pemerintah meluncurkan mobil murah tersebut.

Bicara tentang Mobil murah pasti akan menemui istilah Low Cost Green Car (LCGC). Low Cost Green Car Secara harafiah bila di artikan dalam bahasa indonesia berarti ‘mobil murah yang ramah lingkungan’. Kenapa dibilang low coast dan green Car karena mobil ini memiliki pajak yang rendah dan mobil ini menggunakan bahan bakar timbal rendah.

Kenapa pajak mobil ini bisa rendah karena mobil ini sudah mengikuti ketentuan-ketentuan yang dibuat pemerintah untuk mendukung program pemerintah lainnya. Dan mengapa di sebut green car, karena mobil ini dibuat khusus untuk mengkonsumsi bahan bakar seperti Pertalite dan Pertamax milik Pertamina.

Untuk legalisasi program mobil murah ini, LCGC berada di bawah payung hukum Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2013, bersama-sama dengan low carbon emission, mobil listrik, hybrid biodiesel.

Baca juga :  Dari mana asal nama “Bluetooth”

Secara spesifik, keberadaan LCGC diatur di Permenperin No. 33/2013.

Berikut beberapa persyaratan mobil LCGC :

–    hemat energi

–    harga terjangkau

–    menggunakan tambahan merek Indonesia

–    model dan logo yang mencerminkan Indonesia

Spesifikasi mesin :

–    bensin maksimum 1.200cc, minimal 1 liter BBM untuk 20 km.

–    solar maksimum 1.500cc, minimal 1 liter BBM untuk 20 km.

Jika sudah memenuhi persyaratan yang diberikan, maka pajak atas mobil LCGC adalah 0%. Demikianlah mobil LCGC dapat dijual dengan harga yang sangat murah karena komponen pajaknya dihilangkan.

Dengan diluncurkannya program mobil murah atau mobil LCGC ini, sejumlah perusahaan mobil terkenal yang beredar di Indonesia berlomba mengeluarkan mobil LCGC dengan fitur dan harga yang sangat menarik konsumen. Dan memang benar bahwa daya beli masyarakat terhadap kendaraan roda empat meningkat. Berbagai inovasi pun dilakukan oleh setiap perusahaan mobil tersebut. Mulai dari perubahan transmisi dari manual ke matic, atau memperbanyak variasi tipe mobil, mulai dari City Car yang kecil sampai SUV yang memiliki ruang lega.

Leave a Reply

*

Top