You are here
Home > Berita > Musyawarah Daerah MUI Nabire Bahas Pentingnya Toleransi Antar Umat Agama

Musyawarah Daerah MUI Nabire Bahas Pentingnya Toleransi Antar Umat Agama

Nabire – Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Nabire Periode 2017-2022 laksanakan kegiatan Musyawarah dengan Tema “ Dengan MUSDA Kab. Nabire kita pelihara aqidah umat Islam dalam rangka mewujudkan masyarakat Nabire yang berwawasan keberagaman, berkeadilan, sejahtera dan mandiri secara berkelanjutan ”, bertempat di Aula BKKBN Jl. Merdeka Distrik/Kab. Nabire, pada Senin (04/09).

Adapun yang hadir diantaranya, Ketua MUI Kab. Nabire H. Muh Darwis Ketua Muhamadiyah Kab. Nabire H. Muhamad Ruslan, Plh Kasdim 1705/Paniai Mayor Kav Syahrul Hidayat, Ketua Nahdatul Ulama Ustadz Imam Muchlasi, Ketua LDI Kab. Nabire H. Nuryadi dan Para pimpinan Pondok Pesantren Se-Kab. Nabire.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Pimpinan MUI Prov Papua yang diwakili oleh Sekretaris Umum Dewan Pimp. MUI Prov. Papua Faisal Saleh S.Ag MHI, yang mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang sudah hadir dalam kegiatan Musda MUI yang diselenggarakan kali ini, dimana Kab. Nabire adalah kabupaten ke 5 yang sudah melaksanakan Musda MUI untuk seluruh Prov. Papua.

MUI juga selalu bekerja sama dengan pemerintah Daerah di semua tingkatan dan perlu kita ketahui bersama bahwa MUI bisa mendapatkan pemebiayaan – pembiayaan dari Pemerintah Kota maupun daerah sesuai dengan keputusan Presiden, MUI adalah sebagai Rumah Besar semua umat Islam yang ada di semua  daerah, lain dari itu MUI juga harus bisa membantu penyelesain permasalahan di daerah, dan yang paling perlu kita ingat bahwa Islam tidak bisa dipisahkan dengan negara kita.

Dilanjutkan sambutan Bupati Nabire yang dibacakan oleh Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim S.IP MM, yang menyapaikan bahwa, MUI adalah Lembaga yang mewadai para Ulama dan Cendikiawan Islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslim di seluruh Indonesia. Sejak berdirinya pada tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, MUI telah membantu Pemerintah dalam melakukan hal – hal yang menyangkut dengan umat Islam dan secara umum seluruh bangsa Indonesia, antara lain MUI membantu dalam hal mengeluarkan Fatwa dalam kehalalan sebuah makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam dan hal – hal yang berkaitan dengan hubungan seorang penganut agama Islam dengan lingkunganya.

Baca juga :  Pererat Silaturahmi dengan Para Veteran

MUI juga telah ikut berusaha membantu pemerintah, bangsa dan negara dalam hal memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat islam Indonesia dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang di Ridhoi oleh Allah SWT. MUI juga telah berpartisipasi dalam memberikan nasehat dan Fatwa mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan kepada Pemerintah dan Masyarakat, ikut meningkatkan kerukunan antar umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan Bangsa serta telah ikut mensukseskan pembangunan nasional.

Tentunya peran – peran tersebut telah di lakukan oleh MUI Kab. Nabire selama ini, sehingga pembangunan Kab. Nabire telah berjalan dengan baik dengan kondisi kerukunan antar umat beragama yang terjaga,serta keamanan daerah yang Kondusif. Pemerintah akan terus mengharapkan agar MUI Kab. Nabire menjalankan Fungsi dan peranya dalam mendukung pembangunan kab. Nabire.

Kepada para peserta diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi atas berbagai persoalan yang akan di bahas dalam Musda Kali ini, dengan mengikuti Musda ini dengan baik mulai dari pembukaan ini hingga selesainya nanti, selain itu selalu menjaga toleransi antar umat beragama, berbeda – beda tetapi tetap satu sesuai dengan binkai NKRI yaitu kebhinekaan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top