You are here
Home > Press Release > Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada

Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih yang diwakili Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus membuka Acara Sosialisasi Netralitas TNI Tahun Anggaran 2017, bertempat di Aula Tony A. Rompis, Kodam XVII/Cenderawasih, Kamis (16/03).

Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan oleh Aster Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan, Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial bagi satuan TNI, dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Hal ini sesuai dengan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, yang berasal dari Rakyat, berjuang bersama Rakyat dan mengabdikan diri untuk kepentingan Rakyat.

Komsos ini sangat penting untuk menciptakan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar, agar prajurit TNI mampu memberikan pemahaman kepada komponen bangsa dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah tentang netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang ini, menjelaskan bahwa TNI tidak berpolitik praktis dalam arti bahwa TNI hanya mengikuti politik negara, dengan mengutamakan prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak azazi manusia dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Hal ini mengharuskan setiap prajurit TNI untuk bersiap netral dalam pelaksanaan Pemilu/Pilkada.

Baca juga :  Pendidikan Tamtama TNI-AD Gelombang I Tahap I Ta. 2014 Dibuka

Hal tersebut merupakan tekad kita bersama dalam menyukseskan Pilkada yang dilaksanakan. Tekad tersebut harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, karena suksesnya penyelenggaraan Pemilu yang Luber (langsung, umum, bebas dan rahasia), jujur dan adil serta aman, merupakan salah satu tolak ukur dari penyelenggaraan kehidupan demokrasi di tanah air kita.

Di akhir amanat, Pangdam mengharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mempergunakan waktu dengan efektif dan se efisien mungkin, demi mendapatkan pemahaman secara menyeluruh tentang kegiatan Komsos dan netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada.  (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top