You are here
Home > Pengetahuan > Ngantukan..??! Ini Solusinya..!!!

Ngantukan..??! Ini Solusinya..!!!

Apakah Anda terbilang orang yang sering mengantuk setiap saat apabila sedang bekerja?

Atau ketika sedang bekerja di depan komputer Anda tiba-tiba tertidur?

Atau mungkin pada saat sedang duduk sendiri menunggu sesuatu kepentingan pribadi Anda dalam waktu yang cukup lama?

Mungkin kita merasa hal itu merupakan kejadian yang biasa dalam hidup seorang pekerja berat, bisa saja mungkin karena faktor kurang tidur, kelelahan pada saat mengangkat beban yang cukup berat atau memang sudah bawaannya yang suka tidur.

Hal seperti ini bila terjadi di tempat kerja Anda atau di area publik yang ramai orang maka akan sangat merugikan diri kita sendiri. Apalagi apabila atasan kita melihat langsung, menegur, memberi peringatan keras, bahkan sampai di hukum dengan cara di suruh push up, lari putar lapangan atau hal lainnya yang pastinya akan memalukan diri kita sendiri. Pastinya kita tidak akan membiarkan hal seperti ini terjadi kepada diri kita.

Kebanyakan dari kita, langkah yang diambil ketika merasa mengantuk pasti minum kopi agar dapat mengurangi kantuk. Apakah kopi merupakan cara yang paling baik dan solusi terakhir mengatasi kantuk?

Anda salah bila anda katakan itu cara satu-satunya untuk menghilangkan kantuk. Lalu bagaimana dengan yang tidak suka minum kopi atau yang tidak bisa minum kopi untuk tetap bisa terjaga?

Maka Anda harus lakukan langkah yang cukup mudah dengan keluar dari ruangan pekerjaan Anda dan menghirup udara segar minimal selama 20 menit, tindakan ini memiliki efek yang cukup membantu dan sama baiknya dengan meminum secangkir kopi.

Kejadian seperti ini sebenarnya bukan selalu karena hal yang seperti diatas, bila kita perhatikan dan pahami tentang cara hidup dan pola kehidupan kita, maka kita pasti dapat memahami penyebab dan cara mengatasi kantuk tersebut. Ini mungkin bisa bermanfaat bagi kita untuk cara mengatasi kantuk pada saat bekerja, beberapa caranya yaitu :

 

  1. Istrahatkan mata sejenak

Berjam-jam di depan komputer dapat menyebabkan mata lelah. Beranjaklah dari dari tempat duduk Anda kemudian alihkan pandangan mata dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks, sehingga mata terlepas dari kelelahan yang terus berfokus pada komputer Anda.

 

  1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalanlah sejenak

 Apabila mengunyah permen bisa meningkatkan energi, tetapi sejam kemudian Anda akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10-20 menit dapat meningkatkan energi anda lebih dari dua jam. Itu karena pada saat berjalan, oksigen (O2) dalam tubuh kita terpompa ke otak dan otot.

Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

Baca juga :  Teror Ekonomi Oleh Kelompok Kriminal Bersenjata

 

  1. Konsumsi makanan yang sehat

 Makanlah makanan yang memang benar-benar sehat untuk tubuh kita, contohnya seperti kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri, segenggam kacang-kacangan atau buah segar.

 

  1. Mengobrol dengan teman satu kantor

 Jika Anda kurang konsentrasi pada saat bekerja, mengobrolah dengan teman satu kantor anda, bisa tentang bisnis, politik atau agama untuk membuat pikiran Anda rileks sejenak. Tapi ingat ya, jangan sampai terlalu banyak mengobrol daripada bekerjanya.

 

  1. Buatlah ruangan kerja Anda lebih terang

 Ruangan yang redup akan membuat mata lebih cepat mengantuk dibanding dengan ruangan yang lebih terang, sehingga akan membuat mata kita lebih terjaga.

 

  1. Tarik nafas dalam-dalam

 Salah satu cara yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam sehingga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi, maka pada akhirnya akan membantu kinerja mental dan energi.

Latihan menarik nafas ini dilakukan dengan menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukan langkah ini di meja tempat Anda bekerja dengan menegakkan badan, lakukan sebanyak 10 kali bisa juga lebih sampai Anda merasa nyaman.

 

  1. Minum air putih

 Ketika Anda mengalami Dehidrasi, hal ini dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum air kurang lebih 8 gelas setiap hari, makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

 

  1. Tidur siang sejenak

 Manfaatnya ketika Anda tidur siang sedikit membantu menghilangkan rasa kantuk Anda. Tetapi ketika Anda ingin tidur siang jangan sampai melebihi dari satu jam, 5 sampai 25 menit juga sudah cukup. Apabila lebih dari sejam, maka yang ada kepala Anda akan sakit dan pening ketika bengun, sehingga akan semakin menghambat kinerja Anda di kantor.

 

  1. Berjemur di matahari pagi

 Cobalah Anda untuk sejenak berjemur di sinar matahari pagi, seperti kebiasaan orang-orang bule lakukan, tetapi hanya matahari pagi saja ya. Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.

 

  1. Olahraga

 Cobalah Anda berolahraga minimal selama 30 menit sehari, konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat, hal ini untuk menggantikan energi Anda yang hilang pada saat latihan awal.

Olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Leave a Reply

*

Top