You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Night Vision Goggles (NVG)/Teropong Bidik Malam

Night Vision Goggles (NVG)/Teropong Bidik Malam

Salam Sahabat Ksatria kita berjumpa kembali dalam pembahasan seputar Alutsista TNI.

Sahabat, jika kita pernah mengikuti simulasi pertempuran layaknya Paintball Game, sebuah media simulasi bagi kelompok dengan menganalogikan situasi pertempuran yang dimainkan pada siang hari, bagaimana ya jadinya jika dilakukan atau dimainkan pada malam hari ? Tentunya akan sulit dilakukan, jika dilakukan tanpa alat bantu.

Hal ini, seperti halnya tentara yang melakukan pertempuran di malam hari. Secara kasat mata untuk melakukan pergeseran dari satu tempat ketempat membutuhkan penerangan, agar jalan yang akan ditempuh akan menjadi mudah dilalui. Tanpa cahaya, kita bisa saja jatuh ke dalam jurang, terjerat dalam jebakan, ataupun salah arah tujuan.

Oleh karenanya hal ini menjadi sebuah dilema. Jika melakukan penyerangan tanpa penerangan cahaya, tentu akan sangat sulit untuk dilakukan, namun jika menggunakan cahaya, tentu kerahasiaan tidak dapat terjamin, yang dapat menyebabkan diketahuinya kedudukan kita oleh musuh.

Nah, untuk menjawab masalah tersebut, kini TNI sudah dilengkapi dengan alat yang setidaknya membantu proses penyerangan malam hari, sekalipun gelap gulita tanpa caha sama sekali. Kini, TNI sudah memiliki perlengkapan pertempuran yang sudah dilengkapi dengan sistem Night Vision Googles (NVG), yang kalangan sipil dikenal dengan nama teropong malam.

Baca juga :  Helikopter Anti Kapal Selam Rancangan PT DI dan Airbus

Alat ini, sangat membantu dalam melakukan penyerangan dalam kegelapan. Kerahasian akan terjaga, pergeseran pasukan dalam melancarkan serangan pun menjadi lebih mudah. Ya, dengan NVG ini, TNI kini semakin mudah dalam melakukan oprerasi malam hari.

Alat ini, merupakan alat bantu bidik malam, yang mana sangat berguna bagi TNI dalam melakukan pengintaian, untuk selanjutnya melakukan penyergapan dan penyerangan. Selain itu, manfaat lainnya adalah, juga bisa dipergunakan sebagai alat bantu untuk berburu pada malam hari, yang mana dalam kegiatan operasi militer, terkadang kehabisan logistik sehingga harus memakan apa yang bisa diburu dihutan.

Semoga dengan kelengkapan alutsista TNI ini akan semakin memperkuat pertahanan TNI dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top