You are here
Home > Tulisan > Nikmat Bermanfaat Hebat, Itulah Buah Matoa Khas Papua

Nikmat Bermanfaat Hebat, Itulah Buah Matoa Khas Papua

Matoa adalah sejenis pohon hutan yang namanya sama dengan nama buahnya yang merupakan tanaman khas dari tanah Papua di wilayah paling ujung Timur Indonesia. Tanaman Matoa dapat berbuah sekali dalam setiap tahunnya dan tumbuhan ini telah menyebar hampir disetiap dataran rendah sampai pada dataran tinggi. Tumbuhan ini akan tumbuh baik apabila pada media tanah yang kering atau tidak tergenang air dan lapisan tanahnya tebal.

Buah Matoa memiliki kemiripan dengan buah kelengkeng yang banyak tumbuh di Jawa Tengah, hanya saja Matoa memiliki bentuk yang sedikit lebih besar, kulitnya mengkilap berwarna hijau ke merah serta lonjong, sama-sama yang dinikmati adalah daging buahnya yang meliputi bijinya. Daging buah Matoa memiliki tekstur yang kenyal tetapi renyah berair, memiliki warna bening putih agak kecoklatan dan memiliki rasa manis yang akan terasa sangat segar bila dinikmati pada saat sang hari.

Kandungan gizi dari buah Matoa sangat banyak manfaatnya juga baik untuk kesehatan. Menurut penelitian, buah Matoa ini memiliki senyawa dan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dengan optimal, bahkan membersihkan racun di dalam tubuh yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit lainnya.

Diambil dari berbagai sumber bahwa manfaat buah Matoa sangat beragam, mulai dari vitamin C sebagai anti oksidan yang juga dapat menangkal radikal bebas yang menyerang system kekebalan tubuh, juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Kandungan Vitamin C dalam buah Matoa ini dipercaya dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung, selain itu juga dapat membantu apabila pola makan yang dilakukan dalam keseharian dirasakan kurang memenuhi standart maka Anda dapat menggunakan buah Matoa ini sebagai makanan (buah) pelengkapnya/penyeimbang.

Juga terdapat pula kandungan vitamin E pada buah Matoa yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan serta meminimalkan resiko terserang penyakit kanker.

Vitamin E dalam buah Matoa juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit apa lagi bagi para wanita yang sangat mengharapkan kulitnya elastis dan sehat.

Vitamin E juga bermanfaat sebagai antioksidan yang bertugas menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa merusak serta menggerogoti sel-sel tubuh. Hal ini baik bagi para pekerja yang kerjanya di tempat-tempat yang memiliki pencemaran udara yang tinggi serta perokok yang sudah banyak peringatan tentang bahayanya merokok.

Dari hal-hal yang disampaikan diatas adalah merupakan beberapa manfaat dari buah Matoa yang dapat kita ambil dan merupakan salah satu dari puluhan bahkan ratusan jenis buah khas Papua. Semoga pengetahuan kali ini dapat memberi tambahan pengetahuan dan dapat menginspirasi sahabat Ksatria semuanya.

Salam Ksatria…

Leave a Reply

*

Top