You are here
Home > Tulisan > Umum > Noken Warisan Budaya Dunia Asli Papua

Noken Warisan Budaya Dunia Asli Papua

Papua merupakan salah satu daerah yang ada di ujung timur Indonesia. Papua terkenal akan kerajinan-kerajinan tangan tradisional yang unik dan menarik sehingga dapat dijadikan oleh-oleh jika berkunjung di daerah tersebut. Kerajinan yang bisa kita temukan antara lain yaitu Noken, Patung Kayu asli Papua dan Kain Khas Papua.

Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan salah satu ciri khas kerajinan tangan tradisional dari Papua yaitu Noken. Noken merupakan Kerajinan tas yang dibuat oleh mama-mama papua terbuat dari kulit kayu atau daun pandan yang dikeringkan terlebih dahulu dan dirajut sesuai dengan motif yang diinginkan.  Cara Membuat Noken masihlah dengan cara tradisional dan cukup rumit. Kulit Kayu atau daun pandan tersebut diolah, dikeringkan sampai kering dan kemudian dipintal menjadi benang. Untuk Variasi warna pada Noken masih menggunakan bahan dari pewarna alami. Proses pembuatannya bisa mencapai 1-2 minggu, untuk Noken dengan ukuran besar, bisa mencapai 3 minggu.

Pada tanggal 4 Desember 2012, noken telah diputuskan sebagai warisan budaya Dunia tak Berbenda oleh UNESCO di Prancis oleh Arley Gill sebagai Ketua Komite, yang bertujuan untuk melindungi dan menggali kebudayaan tersebut. UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) merupakan badan khusus PBB yang melindungi budaya warisan dunia. Noken masuk jadi barang warisan dunia karena sudah dari jaman dahulu kala noken ada dan sampai sekarang masih tetap digunakan untuk membawa berbagai macam barang bawaan. Keunikan lainnya ialah, walaupun dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan tangan namun sangat kuat. Selain itu dalam penggunaanya dibawa diatas kepala.

Baca juga :  BAHAN MAKANAN YANG TIDAK COCOK DISIMPAN DI KULKAS

Noken dengan ukuran besar digunakan untuk membawa barang kebutuhan sehari-hari, seperti  hasil-hasil pertanian (sayuran dan umbi-umbian) dan barang dagangan ke pasar serta bisa juga untuk menggendong anak. Sedangkan Noken yang berukuran kecil digunakan untuk penyimpanan barang yang bersifat pribadi. Membuat Noken juga sebagai simbol kedewasaan bagi seorang perempuan asli Papua yang mana jika perempuan Papua belum bisa membuat Noken dia tidak bisa dianggap dewasa dan itu merupakan syarat untuk menikah. Dengan demikian Noken harus tetaplah dilestarikan karena itu merupakan sebuah warisan budaya dunia yang unik dan menarik yang dimiliki oleh Indonesia.

Leave a Reply

*

Top