You are here
Home > Pengetahuan > Militer > NUBIKA (Nuklir, Biologi, Kimia)

NUBIKA (Nuklir, Biologi, Kimia)

Salam Ksatria,,,

Sahabat pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit wawasan tentang Nubika dan satuan yang memiliki kemampuan tentang Nubika yaitu Zeni TNI AD dan ancaman Nubika bagi kelangsungan kehidupan.

Zeni merupakan salah satu Korp di TNI AD yang mempunyai beberapa fungsi/ kemampuan yang salah satunya adalah NUBIKA (Nuklir, Biologi, Kimia) atau KBRN.

Ancaman NUBIKA atau KBRN dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Sesuai konvensi Jenewa, penggunaan-penggunaan senjata Nuklir, Biologi dan Kimia sudah dilarang. Namun demikian pengalaman yang kita lihat selama ini disetiap peperangan yang terjadi di belahan dunia manapun seperti Perang Dunia I, perang Korea, perang Vietnam dan perang Irak issu penggunaan senjata nuklir, biologi dan kimia selalu mengemuka.

Indonesia secara resmi berkomitmen untuk tidak menggunakan senjata nubika, tetapi TNI dalam hal ini TNI AD senantiasa waspada terhadap kemungkinan dampak bahaya dari senjata nubika. Hal ini  ditempuh TNI AD dengan membentuk satuan Zeni Nubika, yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dan melaksanakan penyelidikan dan dekontaminasi dalam rangka pengamanan pasukan dan atau masyarakat terhadap bahaya Nubika yang disebabkan oleh musuh atau pencemaran lingkungan oleh limbah/kecelakaan suatu industri atau peristiwa alam. Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif melindungi seluruh prajurit TNI dari kemungkinan ancaman senjata nuklir, biologi dan kimia.

Permasalahan utama yang menyebabkan Nubika menjadi ancaman sangat mengerikan adalah dampaknya yang bersifat massal dan terkait dengan berbagai bidang kehidupan yang sangat luas (Ipoleksosbudmil).

Permasalahan lainnya, yaitu sulitnya mengendalikan penyebaran Nubika mengingat bahwa bahan-bahan tersebut, khususnya biologi, kimia dan radioaktif terdapat dimana-mana. Oleh karenanya, Nubika tentu bisa dapat jatuh ke tangan siapa saja. Oleh karena itu, penangkalan utamanya terletak pada faktor manusianya dalam arti jangan sampai bahan-bahan tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga :  Beladiri Yongmoodo TNI AD

Sahabat, sebagai negara tropis Indonesia merupakan “gudang” berbagai agensia biologi. Di lain pihak, sebagai negara agraris, Indonesia juga sangat rentan terhadap kemungkinan ancaman agensia biologi. Sementara itu, kesiapan terhadap munculnya wabah-wabah penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan masih sangat rendah. Kesiapan vaksin untuk menghadapi wabah beberapa virus juga, boleh dikatakan tidak ada bila dibandingkan dengan negara lain.

Nah, bila kita kaitkan dengan perkembangan perang era modern, yang salah satunya adalah adanya ancaman senjata pemusnah masal yang sangat berbahaya yakni Nubika, yang mana efeknya sangat dahsyat dan sangat signifikan, maka tentu hal tersebut harus menjadi pemicu kewaspadaan kita. Hari ini kita memang dalam era damai, namun bukan berarti kita harus lalai terhadap kemungkinan perang. Untuk itu, sebagai bentuk kewaspadaan kita terhadap perang dan bahayanya Nubika, tentu seharusnya kita sedikitnya tahu mengenai wawasan tentang Nubika ini. Seiring dengan ini, kami TNI pun akan senantiasa meningkatkan kualitas pengetahuan dan kemampuan kami, sehingga menjadi garda/benteng masyarakat bila saja ke depan hal itu (perang Nubika) terjadi.

Demikian sahabat sekilas wawasan tentang Nubika dan ancamannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat semua.

Salam Ksatria !!!

Leave a Reply

*

Top