You are here
Home > Berita > Operasi Simpatik jaga Perbatasan Papua dari Miras dan Narkoba

Operasi Simpatik jaga Perbatasan Papua dari Miras dan Narkoba

Keerom –  Guna menciptakan rasa aman, kondusif dan damai menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat Muslim di wilayah Kab. Keerom, Satgas Yonif Mekanis 516/CY kembali menggelar operasi simpatik di wilayah Kab. Keerom, Papua, yang mana dalam kesempatan kali ini Tim Satgas kembali mendapatkan Miras dan Narkoba. Sabtu (10/09).

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si selaku Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY mengatakan, operasi simpatik ini dilakukan oleh seluruh jajaran Satgas Yonif 516/CY guna menciptakan kondisi yang aman, kondusif dan damai di wilayah Kab. Keerom, terutama menjelang peringatan hari besar umat muslim yaitu Perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Walaupun kami yakin toleransi umat beragama di Kab. Keerom cukup tinggi, tetapi ini kami lakukan guna mengantisipasi dan mencegah serta mengindari timbulnya atau adanya tindakan-tindakan yang dapat mencederai toleransi umat beragama di Kab. Keerom yang selama ini telah terjalin dengan baik”. Tegas Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si.

Meskipun larangan peredaran maupun penggunaan Miras telah diatur dalam Perda Gubernur Papua Nomor 15/2013, demikian halnya dengan Narkotika yang diatur dalam Undang  Undang RI No. 35/2009, dimana kedua aturan tersebut memberikan ancaman sanksi pidana yang cukup berat, namun peredaran dan penggunaan Miras dan Narkoba masih cukup tinggi, hal ini dibuktikan melalui kegiatan operasi simpatik ini masih ditemukan Miras  sejumlah 16 botol dari berbagai jenis merk dan Narkoba jenis ganja yang sudah siap edar sebanyak 650 gram.

Baca juga :  Korem 172/PWY Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Oleh karenanya, Dansatgas dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa operasi simpatik yang dilakukan oleh tim di bawah pimpinannya, akan terus dilanjutkan demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat di area tempatnya bertugas.

“Operasi simpatik ini akan terus kami lakukan sebagai upaya kami Satgas Yonif Mekanis 516/CY guna mengamankan wilayah perbatasan darat RI  PNG, khususnya mencegah dan mengantisipasi peredaran dan penggunaan Miras serta penyalahgunaan Narkoba di wilayah perbatasan khususnya di wilayah Kab. Keerom, Papua.” Lanjut Dansatgas. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top