You are here
Home > Berita > “Orasi Bela Bangsa, Sinergitas Giat Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Dan Komponen Masyarakat Kab Keerom“

“Orasi Bela Bangsa, Sinergitas Giat Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Dan Komponen Masyarakat Kab Keerom“

Keerom – Dalam memperingati hari lahirnya Pancasila, Satuan Penugasan (Satgas) Pamtas Yonif 410/Alugoro bersama Lembaga Masyarakat Pemerhati Perbatasan (LMPP) dan segenap komponen masyarakat lainnya, melaksanakan orasi bela bangsa sebagai bentuk dukungan pada Pancasila yang merupakan idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan orasi bela bangsa dilaksanakan dan dipusatkan di Balai Kampung Wonorejo, Distrik Wanem, Kab. Keerom yang dihadiri dari berbagai instansi, baik instansi Sipil, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, pengusaha dan unsur masyarakat lainnya. Adapun tokoh-tokoh tersebut antara lain Kepala Distrik Waanem Bapak Adolf Boryan, S.IP, Kepala Kampung Wonorejo Bapak Matheus Wey, Kodim 1701/Jayapura yang diwakili oleh anggota Koramil Arso Kota, Ketua Barisan Merah Putih Bapak Herman Yoko, Ketua LMPP (Lembaga Masyarakat Pemerhati Perbatasan) Propinsi Papua Bapak Hendrik Yoku,  Ketua LMPP Kabupaten Keerom Bapak Karel Maunda dan berbagai elemen masyarakat lainnya.  Mereka mengkuti kegiatan ini dengan sangat antusias sebagai bentuk kesadaran dan semangat bela bangsa dan Negara demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Isi dari orasi bela bangsa tersebut dibacakan oleh Ketua LMPP Kabupaten Keerom Bapak Karel Maunda dan di ikuti oleh seluruh hadirin yang mengikuti kegiatan tersebut. Adapun isi dari orasi bela bangsa, yaitu :

  1. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG bangga menjadi Bangsa Indonesia.
  2. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG kami bangga menjadi anak Indonesia.
  3. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG kami bangga memiliki Indonesia.
  4. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita, Bhineka Tungal Ika.
  5. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG bersumpah untuk menjaga keurtuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG akan terus mempertahankan NKRI harga mati dan bela Negara adalah kewajiban kami.
  7. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG bertekat mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur, dari Sumatera hingga Papua. Bahkan menolak ancaman bentuk intervensi politik dari manapun dan oleh siapapun terhadap keutuhan NKRI, teristimewa terhadap Papua.
  8. Keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945 adalah cita-cita nasional masyarakat perbatasan RI-PNG sesuai dengan keinginan luhur Bapak Pendiri Bangsa Soekarno-Hatta
  9. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG mendukung pemerintahan Jokowi-JK yang telah terbukti secara nyata memperhatikan masyarakat Papua.
  10. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG akan terus menjaga dan mengawal setiap program pembangunan yang diamanatkan oleh Pemerintahan Jokowi-JK karena setiap kebijakan Pemerintahan Jokowi-JK sangat berpihak kepada masyarakat Papua.
  11. Kami masyarakat perbatasan RI-PNG sangat berterima kasih dan mengapresiasi setiap langkah dankebijakan Pemerintahan Jokowi-JK di Propinsi Papua, khususnya peningkatan kesejahteraan di wilayah perbatasan RI-PNG.
Baca juga :  Dandim 1708/Bn Hadiri Syukuran Dan Buka Puasa Bersama HUT Bhayangkara Ke 69 Tahun 2015

Semoga Allah Yang Maha Esa melindungi dan memberikan kami serta memberikan kekuatan dalam persatuan dan kesatuan.

– Indonesia Tanah Airku

– Merah Putih Benderaku

– Pancasila Jiwaku.

Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Keerom Bp Herman Yoko menyampain sambutan dengan penekanan khususnya kepada generasi muda perbatasan untuk mencontoh nilai-nilai pendiri bangsa yang telah mereka tanamkan supaya selalu dicontoh dan diteladani khususnya kepada para tokoh dan pecetus lahirnya Pancasila.

Acara orasi bela bangsa ditutup dengan sambutan Dansatgas Pamtas Yonif 410/Alugoro yang diwakili oleh Wadansatgas Mayor Inf Acuk Andrianto dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan orasi bela bangsa ini merupakan bentuk nyata masyarakat perbatasan wilayah Kab Keerom untuk mempertahankan idiologi Pancasila serta Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro akan terus mendukung kegiatan-kegiatan posistif lainnya demi keutuhan kedaulatan NKRI terutama di wilayah perbatasan Kab Keerom. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top