You are here
Home > Pengetahuan > Otonomi Daerah Dalam Perspektif Lingkungan, Nilai, dan Sumber Daya

Otonomi Daerah Dalam Perspektif Lingkungan, Nilai, dan Sumber Daya

Judul Buku               :           Otonomi Daerah Dalam Perspektif Lingkungan, Nilai, dan Sumber Daya.

Penulis                     :           Dr.Ir. Dharma Setyawan Salam, M.Ed.

Penerbit                   :           PT. Penerbit Djambatan

Tahun Terbit             :           2004; cetakan ke-5

Jumlah halaman      :           286 halaman.

Sinopsis

            Otonomi daerah adalah suatu pelimpahan wewenang pusat kepada pemerintah daerah. Dengan otonomi daerah, pemerintah pusat bisa lebih berkonsentrasi dalam merespons dan mengambil manfaat dari kecenderungan global serta dalam perumusan kebijakan makro nasional yang bersifat strategis.

Dalam perspektif lingkungan, nilai dan sumber daya, pelaksanaan otonomi daerah mensyaratkan adanya manusia yang baik dan jujur, keuangan yang cukup, peralatan yang memadai, serta organisasi dan manajemen yang baik pula. Suatu daerah yang memiliki sumber daya alam yang besar tidak akan maju jika manusianya tidak memiliki integritas yang baik. Poin-poin tersebut mutlak harus dimiliki agar pelaksanaan otonomi daerah dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Beberapa hal yang menyebabkan otonomi daerah tidak berjalan dengan mulus adalah: input SDM yang kurang berkualitas, kualifikasi personil tidak sesuai dengan jenis pekerjaan, tidak adanya job description yang jelas, jumlah pekerja tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan (terlalu sedikit atau terlalu banyak), lemahnya koordinasi antar instansi dan birokrasi yang rumit. Hal-hal tersebut masih banyak terjadi pada pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

Baca juga :  Degradasi Kedisiplinan Dapat Membunuh Prajurit

Keunggulan dan kelemahan

Keunggulan: Penulis banyak menyertakan teori dari para ahli ilmu pemerintahan. Penulis juga memberikan contoh nyata pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia dengan memaparkan hasil penelitiannya di Provinsi Bengkulu.

Kelemahan : Buku ini sepertinya tidak diperuntukkan bagi semua kalangan pembaca karena banyak menggunakan bahasa yang sulit.

Lettu Cpl Miftakhul Hamzah Rahman

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top