You are here
Home > Pengetahuan > Referensi > Pak Guru

Pak Guru

Judul buku    : Pak Guru

Penulis          : Awang Surya

Penerbit         : Ersa, Jakarta

Tahun terbit    : 2014

Tebal buku      : 194 halaman

ISBN               : 978-602-1538-01-2

Dalam sebuah buku yang berjudul “Pak Guru” menceritakan tentang seorang guru yang bernama Musa sebagai sosok guru yang jujur dan sederhana. Musa yang walaupun berkedudukan sebagai kepala sekolah namun tak pernah lepas dari kesederhanaannya dalam menjalankan hidupnya.

Buku ini mengisahkan sosok seorang guru yang melihat jauh ke depan dan tidak gila terhadap jabatan. Kisah ini mengingatkan kita bahwa dunia pendidikan tak melulu sebuah kondisi ideal penuh sikap luhur. Dalam bukunya, penulis mengajak pembaca untuk dapat memahami bahwa menjadi seorang guru yang teladan itu tidak mudah. Banyak rintangan yang harus dilalui dan penuh pengorbanan yang luar biasa. Hal seperti ini harus dimiliki oleh orang yang berjiwa besar tulus dan ikhlas.

Alur cerita dalam buku ini cenderung stagnan, dan ceritanya terkadang menggantung dalam satu bagian sehingga cocok bagi para pembaca yang menyukai alur cerita datar. Dari aspek isi dalam buku ini memberikan inspirasi bagi kita pada umumnya dan khususnya bagi para guru.

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, sehingga posisi dan peran guru tak akan dapat tergantikan oleh siapapun. Untuk mendidik anak-anak menjadi orang-orang sukses, sebagai guru harus memiliki wawasan dan pengalaman yang luas dan tidak kalah penting harus mempunyai pendirian yang kuat, jiwa yang tanpa pamrih untuk mendidik anak-anak sebagai tulang punggung bangsa Indonesia tercinta.

Baca juga :  Belajar Bahasa Jerman? Disini Tempatnya

Buku ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk kita semua sehingga cukup bagus dan layak untuk dibaca. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi bagi guru-guru yang lainnya agar dalam mendidik tidak hanya mementingkan jabatan atau apapun melainkan menjalankan amanah sebagai guru untuk kepentingan bangsa. Sebagaimana amanat dalam UUD 1945 yaitu turut mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga hasil didik mereka benar-benar menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top