You are here
Home > Berita > Panen Perdana Oleh Kelompok Tani Kampung Jaifuri Bersama Kodim Jayapura

Panen Perdana Oleh Kelompok Tani Kampung Jaifuri Bersama Kodim Jayapura

Keerom – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1701/Jayapura mewakili Dandim 1701/Jayapura melaksanakan panen perdana tanaman Padi di lahan seluas 41 Ha bersama anggota Koramil 1701-23/Skanto dan Kelompok Tani Kampung Jaifuri di Kampung Jaifuri Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Senin (16/01).

Dari 50 Ha target lahan sawah yang dibuka, para petani yang dibantu pendampingan Babinsa telah menggarap lahan seluas 41 Ha dengan tanaman padi jenis Ciherang dan dari panen perdana tersebut, padi yang akan dipanen oleh Kelompok Tani seluas 5 Ha sedangkan sisanya menunggu waktu beberapa minggu kedepan untuk panen berikutnya. Hal tersebut diungkapkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Distrik Skanto Kabupaten Keerom dalam kegiatan Doa dan Syukur sebelum acara panen perdana. Panen raya tanaman Padi pada program percepatan Swasembada Pangan Tahun 2016 di Kampung Jaifuri, Arso 3, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom merupakan panen yang pertama kali dilaksanakan sejak wilayah Arso 3 dilaksanakan pembukaan lahan sebanyak 50 Ha,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf M. Mahbub Junaedi yang diwakili oleh Kasdim 1701/Jayapura Mayor Inf Romkeni Abraham Yansen mengatakan bahwa, selama ini produksi Padi di wilayah jajaran Kodim 1701/Jayapura hanya mengandalkan dari wilayah Kampung Karya Bumi, Distrik Namblong dan Kelurahan Koya, Distrik Muara Tami. “Namun saat ini petani Kampung Jaifuri Distrik Skanto telah membuktikan keberhasilan Swasembada Pangan dengan hasil Panen yang maksimal melalui panen perdana yang dilaksanakan pada hari ini, meskipun di lapangan banyak ditemui kendala dan hambatan dikarenakan infrastruktur irigasi yang tidak memadai serta sarana penunjang pengolahan lahan pertanian yang belum tersedia. Kelompok Tani dibantu Babinsa berupaya mengatasi setiap hambatan dengan semangat dan motivasi yang tinggi untuk mewujudkan Swasembada Pangan di wilayah Distrik Skanto”, ujarnya. Kasdim juga mengharapkan kedepan, agar Distrik Skanto dapat menjadi sumber pangan di wilayah Jayapura dan tidak harus bergantung pada produksi padi dari wilayah lain.

Dalam kegiatan panen perdana tersebut dilaksanakan pula pengarahan kepada Kelompok Tani oleh Kepala BP4K Kabupaten Keerom, Bapak Sunar dan Pasiter Kodim 1701/Jayapura Lettu Inf Sutrisno. Kepala BP4K Kabupaten Keerom mengatakan bahwa panen perdana padi di wilayah Arso 3 ini baru pertama kali menghasilkan padi yang maksimal dan diperkirakan mencapai 20 ton padi dari 5 Ha yang dipanen saat ini dan semua ini merupakan keberhasilan dari kerjasama yang baik antara Kelompok Tani, PPL dan ketekunan Babinsa mendampingi para petani untuk menjadikan Distrik Skanto sebagai lumbung padi di wilayah Kabupaten Keroom.

Baca juga :  Dandim 1711/BVD Memberikan Arahan Kepada Anggotanya Saat Senam Wincun

Demikian pula halnya dengan Pasiter Kodim Lettu Inf Sutrisno mengatakan bahwa, Kodim 1701/Jayapura telah menyiapkan sarana dan peralatan pertanian melalui Brigade Alsintan dukungan dari Kementerian Pertanian RI yang bekerja sama dengan Panglima TNI dalam rangka menyukseskan Swasembada Pangan di Wilayah Papua khususnya di Kabupaten Keroom. Melalui para Babinsa telah diberikan pelatihan yang terprogram untuk mengoperasionalkan alat Hand Traktor guna mendukung pengolahan lahan dari Kelompok Tani, sehingga diharapkan lahan yang akan siap tanam dapat lebih cepat dan maksimal,” katanya.

Dengan telah dilaksanakannya panen perdana ini, diharapkan para petani di wilayah Skanto akan terus bekerja dengan baik, sehingga apa yang ditanam dapat berhasil seperti yang kita saksikan hari ini. Selain itu juga, ia mengharapkan kepada seluruh Babinsa yang ada di wilayah Distrik Skanto agar selalu turun ke lapangan bersama para petani sesuai dengan sektor tugas dan tanggung jawab masing-masing, apalagi program Swasembada Pangan ini adalah merupakan tugas pokok satuan Komando Kewilayahan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Panen Perdana tersebut Kepala BP4K Kabupaten Keroom Bapak Sunar,  Pasiter Kodim 1701/Jayapura Lettu Inf Sutrisno, Tokoh Agama, Kepala Distrik Skanto, Kepala Kampung Jaifuri, para Ketua Kelompok Tani dan kelompok penyuluh wilayah Kampung Jaifuri Arso 3 Distrik Skanto, Kabupaten Keerom. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top