You are here
Home > Press Release > Pangdam Buka Mobile Team Training (MTT) Penataran HAM Dan Hukum Humaniter

Pangdam Buka Mobile Team Training (MTT) Penataran HAM Dan Hukum Humaniter

Pendam (20/04). Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G.Siahaan,SE membuka  Mobile Team Training (MTT) penataran Hukum Humaniter dan Ham tersebar bagi Perwira komunitas Intelijen, Operasi dan Teritorial yang diikuti oleh 40 prajurit jajaran Kodam XVII/Cenderawasih pada 20 April  2015 bertempat di Aula Tony A Rompis Makodam.

Pangdam menyampaikan dengan dilaksanakannya MTT penataran Hukum Humaniter dan Ham tersebar ini diharapkan kepada seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang ketentuan-ketentuan serta prinsip-prinsip Hukum Humaniter dan Ham sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas. Dihadapkan dengan tantangan tugas TNI yang semakin kompleks ke depan, kemampuan prajurit yang profesional tidak hanya menguasai di bidang olah keprajuritan semata, tetapi diperlukan pengetahuan tambahan lainnya termasuk pengetahuan tentang Hukum Humaniter dan Ham kepada setiap prajurit, sehingga kesalahan prosedur dapat diminimalisir, khususnya dalam pelaksanaan tugas operasi di lapangan. Prinsipnya Hukum Humaniter yang diratifikasi, bukan untuk menghalangi prajurit dalam melaksanakan tugas, namun justru menjadi alat pemandu dan rambu-rambu tentang cara, sasaran serta alat perlengkapan yang dapat digunakan secara sah dalam pelaksanaan operasi militer. Timbulnya berbagai kasus pelanggaran Ham yang telah terjadi di masa lalu disebabkan kurangnya pengetahuan di bidang Hukum dan Ham, sehingga terjadi kegamangan dan keragu-raguan dalam mengambil tindakan serta terjadinya kesalahan prosedur dalam mengambil tindakan. Oleh karenanya, perlu diadakan penataran atau pembekalan tentang Hukum di lingkungan TNI-AD, baik secara formal di lembaga pendidikan maupun non formal, karena pada hakekatnya merupakan salah satu upaya dari unsur pimpinan TNI-AD untuk mengurangi terjadinya pelanggaran dalam melaksanakan tugas. Melihat pentingnya kegiatan ini, agar Tim Penatar menyajikan seluruh materi secara utuh dan komprehensif, sehingga peserta penataran dapat memahami, menghayati dan menyerap ilmunya secara benar dan maksimal.

Baca juga :  Wakil Kepala Perwakilan Unicef Indonesia Melaksanakan Kunjungan ke Kodam XVII/Cenderawasih

Pada akhir amanatnya Pangdam memberikan beberapa atensi kepada seluruh peserta penataran agar melakukan intropeksi terhadap kelemahan dan kekurangan sebagai bahan evaluasi dan selalu pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI agar misi Kodam XVII/Cenderawasih untuk menciptakan kasih dan damai di tanah Papua serta sesanti Ksatria Pelindung Rakyat dapat terwujud.

Hadir dalam acara tersebut para Asisten Kasdam, Staf Ahli Pangdam bidang Hukum dan Ham, Para Kabalak Kodam XVII/Cenderawasih dan Tim dari Ditkumad pimpinan Kolonel Chk Atto Salurapah

Tim dari Ditkumad
Tim dari Ditkumad
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top