You are here
Home > Dari Media Lain > Pangdam Mengevaluasi Sistem Pengamanan di Perbatasan RI-PNG

Pangdam Mengevaluasi Sistem Pengamanan di Perbatasan RI-PNG

TIMIKA – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan mengatakan akan mengevaluasi sistem Pengamanan di Perbatasan RI-PNG untuk memberikan ruang bagi masyarakat setempat guna melihat perkembangan pembangunan yang terjadi di Papua Indonesia.

Menurut Pangdam, peningkatan keamanan di wilayah perbatasan bertujuan untuk mencegah adanya gangguan dari Kelompok Bersenjata yang ingin mengacaukan keamanan. Namun untuk melakukan pendekatan kesejahteraan bagi masyarakat, Pangdam akan memberikan kesempatan terhadap warga masyarakat RI yang telah melarikan diri ke PNG untuk kembali melihat perkembangan pembangunan yang terjadi di Papua.

Dengan keamanan yang ketat diwilayah perbatasan, setiap warga yang melintas harus menunjukan identitas diri berupa administrasi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun setelah dilakukan kujungan bersama Kasad ditekankan kepada prajurit diperbatasan untuk mempersilahkan dan tidak mempersulit masyarakat yang lari ke PNG untuk masuk kembali ke NKRI.

Hal ini bertujuan agar saudara kita dapat membedakan perkembangan pembangunan di Papua dengan perkembangan yang ada di PNG, sehingga mereka dapat menceritakan perubahan yang telah terjadi di Papua saat ini.

Baca juga :  Kapal Bendera PNG Diamankan Lantamal X Jayapura

Diharapkan kepada setiap prajurit TNI agar kita selalu menunjukan pelayanan kita kepada masyarakat setempat bahwa kita ada untuk melayani mereka, kita kuat karena rakyat, kita profesional karena rakyat. Andaikan rakyat tidak ada, bagaimana kita mau dikatakan sebagai patriot dan menjadi prajurit sejati.

Adapun disinggung mengenai adanya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sering mengganggu stabilitas keamanan di Papua, Pangdam akan melakukan dialog dan mengajak kelompok tersebut kembali bersama-sama pemerintah untuk membangun masyarakat menuju kesejahteraan NKRI khusunya Papua.

Sumber : Koran Cenderawasih Pos, Kamis (16/10).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top