You are here
Home > Berita > Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


Jayapura
– Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, bertempat di Lapangan Upacara Frans Kaisiepo Makodam XVII/Cenderawasih yang diikuti oleh seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, Rabu (01/06).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Pangdam membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang berisikan bahwa Ideologi Pancasila harus benar-benar dipahami sebagai dasar negara dan falsafah hidup bagi bangsa Indonesia. Peringatan upacara ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu pendiri bangsa dan sekaligus meneguhkan hati terhadap eksistensi Pancasila.

Adapun makna luhur yang dapat diambil sebagai bahan pelajaran dari proses tersebut yaitu :

Pertama, sebagai generasi penerus perlu menaruh rasa hormat dan bangga terhadap para pendahulu pendiri bangsa terutama yang tergabung dalam PPKI telah mengemban tugas mulia yang diembankan dimana telah meletakan dasar-dasar ketatanegaraan yang kuat bagi negara Indonesia.

Kedua, secara otomatis sejak 18 Agustus 1945 setelah disahkannya Pancasila sebagai dasar negara, kita telah memiliki sumber dan dasar hukum bagi segala hukum dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Ketiga, dalam perumusan dan penyusunan Pancasila kenyataannya diwarnai tarik menarik berbagai kepentingan, tetapi para pendahulu pendiri bangsa ini telah menunjukan ketauladanannya bahwa dengan semangat persatuan dan kesatuan dengan dilandasi rasa mementingkan kepentingan umum bisa mengalahkan kepentingan pribadi dan kelompok.

Untuk itu, Panglima TNI menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AD bahwa Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihapalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila.

Baca juga :  Pembersihan Dan Pembenahan Pemakaman Umum

Terkait dengan perkembangan situasi yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan masyarakat dalam implementasinya tugas-tugas TNI dapat diikutsertakan dengan cara mengedepankan beberapa hal yaitu :

Pertama, apapun yang dilakukan TNI senantiasa dalam rangka pemberdayaan institusi fungsional dan untuk rakyat.

Kedua, TNI merupakan bagian dari sistem Nasional.

Ketiga, apapun yang dilakukan TNI senantiasa dilakukan dengan komponen bangsa lainnya.

Keempat, segenap Peran dan Tugas TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dilakukan atas kesepakatan bangsa dengan pengaturan secara konstitusional.

Akhir sambutan Panglima TNI, beliau mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI yang telah melaksanakan tugas dengan penuh loyalitas dan dedikasi.

Turut hadir Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Irdam XVII/Cenderawasih, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Kabalakdam XVII/Cenderawasih beserta seluruh prajurit dan PNS jajaran Kodam XVII/Cenderawasih. (Prd/Cen).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top