You are here
Home > Wisata Militer > Panorama Wisata Pulau Um

Panorama Wisata Pulau Um

 

Sahabat wismil..

Wisata militer kali ini kami akan menampilkan suatu tempat yang sangat menarik dan terjamin keindahannya bagi para pecinta alam yang ada di Papua.

Kita ketahui bersama  bahwa Indonesia memang terbentuk dari rangkaian pulau – pulau besar dan kecil yang pada setiap pulaunya memiliki ciri khas keindahan alam masing-masing. Seperti tempat yang satu ini Pulau “Um” yang berada di ujung utara kota Sorong, Papua Barat.

Pulau Um ini berada di kawasan teluk Dore, yaitu sebuah teluk yang berada di daerah Distrik Makbon, Kab. Malamoi, Sorong Papua Barat. Untuk dapat mencapai Pulau tersebut dapat menyeberang melalui Dermaga Pantai Makbon.

Jarak Pulau Um dari kota Sorong ± 40 km dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan. Dari Sorong ke Dermaga Pantai Makbon tarif Rp. 20.000,- dengan transportasi umum, sewa mobil/rental di kota Sorong Rp. 500.000,-/hari.

Dari Dermaga Pantai Makbon selanjutnya sahabat Wismil bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Um sekitar 30 menit dengan menggunakan Speed boat dengan biaya Rp 70.000,- per boat.

Walaupun perjalanan menuju Pulau Um terbilang cukup jauh, kita tidak perlu kawatir akan jenuh karena disepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang sangat indah.

Dikalangan wisatawan asing Pulau Um memang bisa diumpamakan sebagai surga dunia bagi mereka yang mencintai keindahan laut, menginginkan ketenangan dan kesejukan.

Buat sahabat wismil yang memiliki hobi diving ataupun snorkeling akan sangat termanjakan karena pulau Um memiliki spot-spot yang sangat bagus untuk kegiatan bawah laut.

Baca juga :  MONUMEN TUGU PEPERA

Tempat wisata ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dan suasana yang tenang, benar-benar membuat kita merasa berada di sebuah pulau pribadi, lautnya yang jernih dan juga segar membuat sahabat wismil tidak berhenti berenang dan bermain air, apalagi pantai ini memiliki pasir halus yang putih dan bersih.

Pulau Um sendiri jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah pulau kelelawar (masyarakat Sorong “Um = Kelelawar”), dikarenakan banyaknya kelelawar yang terdapat di Pulau Um.  Disamping kelelawar di pulau ini juga terdapat jenis burung camar, mereka seakan bergantian menjaga pulau dari siang hari hingga malam hari. Pada siang hari kelelawar tidur dan burung camar yang mencari makan, selanjutnya pada malam hari burung camar tidur digantikan kelelawar yang mencari makan.

Hal ini sungguh merupakan salah satu lagi keajaiban alam yang sangat istimewa yang dimiliki oleh Papua.

Bagaimana sahabat wismil..? Anda tertarik dengan Pulau Um..?

Jika anda belum memiliki tujuan pasti pada liburan minggu ini, mungkin Pulau Um pantas direferensikan untuk dikunjungi mengisi weekand kali ini.

Pulau ini sangat cocok sebagai tempat merelaksasi untuk melepas penat dan ketegangan para sahabat wismil yang telah bekerja keras selama seminggu ini.

Selamat berlibur dan selamat menikmati.. (az).

 

Leave a Reply

*

Top