You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > “Panser Badak” Karya Anak Bangsa, Cepat Dan Tangguh Bermanuver

“Panser Badak” Karya Anak Bangsa, Cepat Dan Tangguh Bermanuver

Pesatnya kemajuan Alat utama sistem persenjataan dalam negeri yang di produksi oleh PT. Pindad mendorong untuk menciptakan gagasan tentang sebuah karya dan inovasi. Tentang terobosan terbaru kendaraan tempur, jenis panser yang mampu bermanuver melintasi medan-medan sesuai dengan kondisi wilayah dan geografi indonesia.

Berbeda dengan jenis varian panser yang terdahulu kini PT. Pindad telah berhasi kembali memproduksi panser yang diberi nama “panser badak”. Panser ini dilengkapi dengan meriam Canon kaliber 90 mm yang mampu menembak sasaran secara tepat, dengan jarak hampir kurang lebih 1 kilometer dengan kondisi stabil saat dilakukan penembakan.

Panser Badak dirancang khusus sebagai panser pertempuran yang handal saat melakukan manuver serangan yang hanya diawaki oleh sopir dan 2 orang kru. Berbeda dengan Panser Anoa yang dikhususkan sebagai kendaraan angkut personel, yang telah kita ketahui bersama bahwa panser Anoa telah lebih dulu diproduksi oleh PT. Pindad.

Jika kita amati panser ini mirip dengan Panser Tarantula, yang memiliki senjata canon kaliber 90 mm. Namun panser badak diklaim lebih unggul dibanding panser Talantula buatan Korea Selatan.

Untuk spesifikasi Panser Badak :

Untuk berat secara keseluruhan 14 ton dengan body terbuat dari lapisa baja yang tahan terhadap tembakan munisi kaliber 12,7 mm. Selain munisi kaliber 90 mm juga dilengkapi dengan machine gun kaliber 7,62 mm dipergunakan pada saat mendukung tugas operasi.

Saat dipakai dalam bertugas, panser dikendalikan 3 orang crew. Dengan mesin diesel 6 silinder berkekuatan 340 tenaga kuda, panser ini mampu melesat hingga 90 kilometer (km) per jam dan mampu menempuh jarak operasi 600 km.

Spesfikasi lain, Panser Badak memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,9 meter serta bobot 11 ton

Baca juga :  Peluncur Roket TNI AD Memiliki Daya Hancur Tinggi

Panser ini memiliki berat hingga 14 ton dan untuk mendukung laku kendaraan didukung dengan mesin diesel dari Renault, yaitu Diesel Inline 6 silinder Tubo Charger Intercooler berkapasitas 10.800 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 horse power.

Meski berbadan besar dan dilengkapi persenjataan berat, panser ini mampu mencapai kecepatan puncak hingga 90 kilometer/ jam. Tak hanya memiliki kecepatan puncak yang cukup cepat, Badak diakui memiliki kemampuan manuver yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Panser Tarantula buatan Korea Selatan.

Sistem transmisi dari Badak sendiri menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan. Memiliki dimensi panjang 6 meter, lebar 2.5 meter dan tinggi 2,9 meter, Badak Pindad memiliki kemampuan jelajah yang cukup luas sekitar 600 kilometer.

Untuk urusan kenyamanan dan kemampuan menghadapi medan yang ekstrem, PT Pindad menyematkan Independent Double Wisbone tanpa Spring ke Badak. Hal ini ditunjang dengan ban Runflat 1100-R22,5 yang mampu berjalan dalam keadaan tanpa angin hingga sejauh 80 kilometer pada kecepatan tertentu.

Sedikit informasi tentang spesifikasi kendaraan Panser Badak yang diproduksi oleh PT. Pindad semoga bermanfaat bagi sahabat ksatria …..

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top