You are here
Home > Wisata Militer > Pantai Hamadi yang Menyimpan Sejarah

Pantai Hamadi yang Menyimpan Sejarah

Satu lagi tempat wisata pantai di kota Jayapura yang sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Jayapura. Selain dapat menikmati indahnya suasana pantai yang teduh ini, anda juga dapat mengetahui sejarah tentang perang dunia kedua pada masa lampau yang tersimpan di pantai Hamadi.

Pantai Hamadi terletak kurang lebih 5 kilometer sebelah selatan pusat kota Jayapura, tepatnya di Distrik Jayapura Selatan Kotamadya Jayapura, Provinsi Papua. Pantai ini juga merupakan tempat pendaratan pertama pasukan amphibi sekutu pada tahun 1944.

Pantai yang bersebelahan dengan Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan memiliki garis pantai yang panjang. Beberapa meter sebelum memasuki kawasan pantai Hamadi, angin sepoi-sepoi khas suasana pantai akan terasa di sepanjang jalan, karena memang letaknya bersebelahan dengan jalan raya. Anda akan melawati pintu gerbang kawasan pantai Hamadi dan dikenakan tarif Rp. 10.000,-* untuk kendaraan roda dua dan Rp. 20.000,-* untuk kendaraan roda empat.

Pantai Hamadi juga memiliki pasir yang lembut, sehingga nyaman jika berjalan diatasnya. Disepanjang garis pantainya berdiri bangunan-bangunan honai semi permanen milik masyarakat sekitar pantai yang dapat disewakan dengan harga sewa bervariasi mulai Rp. 25.000,-* sampai dengan Rp. 100.000,-*

Tidak perlu takut untuk kepanasan di pantai ini karena disekitar honai-honai masyarakat juga ditumbuhi oleh pohon cemara yang cukup rindang untuk melindungi kita dari panas dan teriknya matahari. Pantai Hamadi akan terlihat sangat indah saat matahari terbenam ketika cuaca cerah kita akan lihat sang surya kemerahan tenggelam,sungguh sunset yang indah. Matahari akan tenggelam dibalik pulau pulau kecil sekitar teluk Youtefa yang membuat senset di pantai ini berbeda dengan kebanyakan wisata pantai lainnya.

Baca juga :  Permainan Flying Fox Kini Hadir Di Kolam Renang Ajendam XVII/Cenderawasih

Karena letaknya yang strategis dan tidak jauh dari pusat kota Jayapura, maka tidak lah sulit untuk berkunjung ke pantai ini. Bagi anda yang berada disekitar kota Jayapura atau masih dalam wilayah kota Jayapura dapat menggunakan angkutan umum dengan tarif kisaran Rp. 5.000,-* sampai Rp. 10.000,-*. Atau jika ingin praktis, anda dapat menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp. 10.000,-* sampai Rp. 30.000,*.

Alternatif kendaraan lain bagi anda yang merupakan pendatang atau baru saja tiba di kota Jayapura, dapat menggunkan jasa rental mobil dengan tarif Rp. 500.000,- untuk sehari penuh.

Nah, tunggu apalagi sahabat setia Wisata Militer. Mungkin pantai Hamadi ini akan menjadi tujuan akhir pekan anda kali ini. (Hans)

 

PETA HAMADI
PETA HAMADI
Pantai hamadi
Pantai hamadi
Pantai hamadi
Pantai hamadi
Pantai hamadi
Pantai hamadi

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top