You are here
Home > Wisata Militer > Pantai Sausapor

Pantai Sausapor

Keindahan alam yang ada di Bumi Cenderawasih memang sudah sangat terkenal bukan hanya di Indonesia bahkan sampai ke Mancanegara. Garis pantainya yang sangat luas menjadi daya tarik tersendiri di tiap-tiap daerah yang menyebabkan setiap daerah mempunyai kaindahan Pantai yang berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Sama halnya seperti lokasi wisata yang akan kita kunjungi kali ini yaitu Pantai Sausapor yang berada di Kota Sorong.

Lokasi Pantai Sausapor sendiri terletak di Distrik Sausapor, Kab.Tambrauw. yang merupakan Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kab. Sorong. Untuk sampai ke Lokasi ini sahabat Wismil harus menggunakan transportasi laut karena untuk melalui jalur darat masih sangat sulit karena keadaan Geografisnya yang merupakan daerah pegunungan. untuk memulai perjalanan kita agar bisa sampai ke Pantai Sausapor ini kita mulai perjalanan kita dari Kota Sorong, dari kota Sorong kita cukup sekali naik kapal, namun sebelumnya sahabat wismil harus mencari informasi jadwal kapal karena jasa kapal yang menuju ke Lokasi ini hanya sekali dalam seminggu. Namun jangan khawatir karena jadwal keberangkatan kapal ini biasanya pada hari minggu. Untuk biayaya kapal ini sendiri dikenakan Rp.50.000 per orang untuk sekali jalan.

Selama perjalanan sahabat Wsimil akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang tersusun rapi dan nampak sangat hijau, sungguh memanjakan mata saat kita memandanginya. Mendekati pantai akan terlihat banyak pohon kelapa dan beberapa pohon lainnya yang tumbuh di sepanjang bibir pantai yang membuat suasana pantai nampak sejuk.

Setelah menaiki kapal dan menempuh perjalanan dari kota Sorong, kita langsung sampai di Pantai Sausapor, suasana di Pantai ini sangat Damai, udara di Pantai ini juga sangat segar, apalagi pemandangan alam yang masih sangat baik karena sangat jauh dari keramaian dan Polusi serta sampah-sampah perkotaan.

Baca juga :  Menikmati kesejukan Teluk Cenderawasih di Pantai Pasir Enam

Selain itu terdapat rumah Masyarakat dengan perahu-perahu yang bersandar di depannya. Sahabat Wismil bisa menumpang untuk menginap di rumah penduduk karena di lokasi ini tidak ada hotel seperti yang ada di pantai pada umumnya. Saat pertama pertama tiba di pantai ini sahabat wismil harus ke Ketua Adat setempat dan meminta tolong beliau untuk mencarikan rumah dimana sahabat Wismil bisa menginap.

Pemandangan yang di suguhkan di Pantai ini memang sangat  memanjakan mata kita, namun ada Yang membedakan Pantai ini dengan Pantai-Pantai yang biasanya ada di Papua yaitu di Pantai ini merupakan cagar alam tempat bertelurnya beberapa jenis penyu seperti, penyu hijau, penyu sisik, dan penyu belimbing. Tidak hanya itu karena merupakan cagar alam sahabt wismil bisa langsung melihat secara langsung proses bertelurnya penyu, namun jika ingin melihat proses tersebut sahabat wismil harus datang kesini pada bulan maret sampai bulan juni karena pada bulan tersebut merupakan bulan produktif untuk bertelur.

Lokasi ini sangat cocok untuk sahabat wismil yang menginginkan ketenangan, jika sahabat wismil tertarik untuk melihat langsung proses bertelurnya penyu sempatkan waktu untuk berlibur di pantai ini.(AZ)

 

Pantai Sausapor
Pantai Sausapor
Pantai Sausapor
Pantai Sausapor
Pantai Sausapor
Pantai Sausapor
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top