You are here
Home > Wisata Militer > PANTAI TABLANUSU YANG MEMUKAU

PANTAI TABLANUSU YANG MEMUKAU

Berbicara tentang Jayapura sudah pasti akan terbayang tentang tempat wisata alamnya yang terdiri dari gunung, bukit dan pantai. Namun kali ini akan kita tinggalkan sejenak kota Jayapura menuju sebuah pantai yang bernama Tablanusu.

Terletak sekitar 87 Km sebelah barat kota Jayapura, pantai ini memiliki pesona lain yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Jayapura. Secara administratif, Pantai Tablanusu masuk dalam wilayah Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia.

Pantai Tablanusu terletak di dalam kawasan Kampung Wisata Tablanusu dengan luas 230,5 hektar dan dihuni sekitar 500 kepala keluarga (KK). Meskipun kampung ini kecil, namun terdapat sepuluh suku yang menempatinya, yaitu Suku Sumile, Danya, Suwae, Apaserai, Serantow, Wambena, Semisu, Selli, Yufuwai, dan Yakurimlen.

Pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah, pantai yang teduh karena ditumbuhi banyak pohon kelapa dan hamparan batu koral kecil yang menutupi seluruh daratan di bibir pantai Tablanusu ini.

Di Kampung Wisata Tablanusu terdapat berbagai fasilitas, seperti pemandu wisata, gereja, persewaan perahu, banana boat, restaurant dan pondok-pondok yang disewakan penduduk setempat dengan tarif Rp. 100.000,-. Di tempat ini juga menyediakan sebuah penginapan “Suwae Resort” yang terdiri dari beberapa tipe kamar, mulai dari yang standart (Rp. 450.000,-), superior (Rp. 650.000,-) dan deluxe (Rp. 650.000,-) atau jika ingin lebih menyatu dengan alam sekitar, anda dapat menyewa tenda dengan tarif Rp. 100.000,- permalamnya.

Baca juga :  Pantai Pasir putih di Manokwari

Untuk mencapai pantai ini dari kota Jayapura, kami sarankan untuk menyewa sebuah mobil dengan tarif Rp. 500.000,-*. Selain itu kami juga menyarankan untuk menyertakan seorang supirnya untuk mengantarkan sampai di sana, karena jaraknya cukup jauh sekitar 87 Km yang ditempuh selama kurang lebih 120 menit. Selama perjalanan anda akan melewati jalan berkelok, hutan dan gunung. Pada akhirnya anda akan menemui jalan turunan yang curam dan berujung pada kampung wisata Tablanusu.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai keindahan dan fasilitas yang ada di Pantai Tablanusu sobat wismil (Wisata Militer). Berikut ini juga akan disertakan beberapa foto yang lebih menggambarkan suasana di sana.

Sahabat wismil (Wisata Militer), sungguh akan sangat sulit memahami keindahan alam Pantai tablanusu ini hanya melalui kata-kata dan gambar saja. Jadi, silahkan berkunjung kesana dan membuktikannya ya. Terimakasih sahabat wismil, tulisan ini bermanfaat dan sahabat Wismil bisa segera mengunjunginya ya… Foto-foto lain :

Potret Pantai Tablanusu Dari Ketinggian
Potret Pantai Tablanusu Dari Ketinggian
Suasana Kemah Pantai Tablanusu
Suasana Kemah Pantai Tablanusu
Keindahan Air Pantai Tablanusu Tampak Kehijauan
Keindahan Air Pantai Tablanusu Tampak Kehijauan
Potret Pantai Tablanusu Dari Salah Satu Sisi
Potret Pantai Tablanusu Dari Salah Satu Sisi
Fasilitas "Banana Boot" Pantai Tablanusu
Fasilitas “Banana Boot” Pantai Tablanusu
Potret Pondok-Pondok Sekitar Pantai
Potret Pondok-Pondok Sekitar Pantai
Penginapan "Swae Resort" Pantai Tablanusu
Penginapan “Swae Resort” Pantai Tablanusu

Leave a Reply

*

Top